Arus Balik Diprediksi Masih Terjadi

 


 

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Volume kendaraan diprediksi bakal terus terjadi hingga Minggu (14/4/2024) malam. Dua hari sebelumnya aktivitas arus balik telah terjadi di Kabupaten Bandung Barat.

Kadishub KBB, Fauzan Azima mengatakan, sejak H+2 peningkatan arus kendaraan untuk arus balik telah terjadi. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya volume kendaraan.

“Ini bagian puncak juga meskipun masih kita hitung nilainya kemarin 2 hari ke belakang nih sempat ada peningkatan sampai dengan 10%,” katanya saat ditemui.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil pemantauan di lapangan terjadi di sejumlah titik di Padalarang. Namun hal tersebut dapat diantisipasi sehingga kepadatan arus lalulintas dapat diurai.

“Kepadatannya satu di Caringin ternyata ada hambatan kepadatan keluar masuk kendaraan SPBU dan Simpang Padalarang,” tambahnya.

Ia menyebut, aktivitas ekonomi yang meningkat di kawasan Ciburuy juga sempat menjadi faktor adanya kepadatan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

“Di Ciburuy ngelihat ekonominya cukup lumayan sehingga jalur ini secara volume dari arah Bandung ke arah Cianjur dan sekitarnya mengalami peningkatan dari sejak kemarin yakni Jumat dan Sabtu,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, tidak sedikit masyarakat yang menggunakan jalur arteri sebagai jalur untuk melakukan aktivitas pulang mudik.

“Kami sempat mantau juga di tol ini antriannya cukup panjang sampai kilometer 125 sampai Cimahi,” katanya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Adhi Prasidya Danahiswara mengatakan, arus kendaraan yang mengalami kendaraan di ruas Tol Padaleunyi akan dibuang melalui GT Cikamuning dan menggunakan jalur arteri.

“Untuk skema kalau masih terjadi kepadatan, kendaraan kita kuras keluar di GT Cikamuning lalu mengarah ke jalur arteri,” katanya.

Ia menambahkan, kendaraan arah Jakarta yang keluar melalui GT Cikamuning nantinya akan melintas melalui jalur arteri melalui Jalan Raya Padalarang-Purwakarta.

“Kendaraan arah Jakarta bisa masuk lagi jalur tol lewat GT Cikopo setelah lewat jalur arteri,” katanya.

Ia menegaskan, dari hasil analisis yang dilakukan, puncak arus balik akan terjadi pada hari ini, Minggu (14/4/2024) mulai sejak sore hingga malam hari.

“Prediksi kami puncak arus mudik terjadi hari Minggu. Tapi kita lihat lagi kondisi di lapangan sampai nanti malam,” tandasnya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds

Herman Suryatman Dilantik Jadi Sekda Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik Herman Suryatman menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Jabar. Pelantikan berlangsung di …