Ini Cara Mudah Cek Saldo Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa mengetahui berapa jumlah saldo yang tersimpan selama menjadi peserta. Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan secara online dan offline.


Peserta dapat mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan untuk Jaminan Hari Tua (JHT) yang sudah dibayarkan sejak pertama kali bekerja atau menjadi peserta.

Dengan mengecek saldo BPJS, pekerja bisa mengetahui saldo JHT yang dapat diambil saat mengundurkan diri, terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) atau pension

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya, Zeddy Agusdien mengatakan untuk mengunduh aplikasi JMO sangat mudah dan cepat, pekerja bisa dengan sangat mudah mendapatkan informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan melalui aplikasi JMO.

“Melalui JMO, semua informasi dan layanan BPJS Ketenagakerjaan dalam satu genggaman,” ucap Zeddy.

Saldo JHT setiap peserta akan berbeda-beda tergantung dari besaran gaji dan periode kepesertaannya. Lantas, bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan melalui aplikasi JMO (Jamsostek Mobile), melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, serta mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung. Berikut informasi lengkapnya.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi JMO

Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dalam hal ini Jaminan Hari Tua bisa dilakukan melalui aplikasi JMO (Jamsostek Mobile).  Jadi, peserta terlebih dahulu perlu mendownload aplikasi JMO, membuat akun dan melakukan login.

Mengutip laman BPJS Ketenagakerjaan, berikut caranya:

  • Buka aplikasi JMO
  • Pilih menu Jaminan Hari Tua
  • Pada halaman Jaminan Hari Tua, klik menu Cek Saldo
  • Pilih KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) yang ingin ditampilkan
  • Saldo JHT akan ditampilkan secara detail beserta data yang dilaporkan, misalnya seperti status kepesertaan, segmen peserta, perusahaan tempat bekerja, iuran terakhir, hingga program yang diikuti.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Website Resmi BPJS Ketenagakerjaan

  • Buka laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Masukkan alamat email serta kata sandi yang terdaftar
  • Apabila tidak terdaftar, klik Buat Akun Baru
  • Ceklis reCAPTCHA Saya bukan robot
  • Login
  • Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, pilih Lihat Saldo JHT
  • Saldo JHT mu akan terlihat

Cek Saldo Ketenagakerjaan di Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara selanjutnya adalah mengecek saldo secara offline dengan mengunjungi Kantor BPJS Ketenagakerjaan secara langsung. Peserta BPJS dapat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan dengan membawa kartu.

Temui petugas dan minta untuk melakukan pengecekan saldo dengan menunjukkan kartu peserta. Petugas akan membantu mengecek saldo dan memberitahukan jumlah saldo kepada peserta.

Itulah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang dapat dilakukan secara online maupun offline, Cara ini bisa dimanfaatkan peserta untuk merencanakan penggunaan dana JHT di masa depan.

Loading...

loading...

Feeds