Longsor Terjang Kampung Muncanglega Gununghalu, Akses Jalan Lumpuh

Petugas kewilayahan Kecamatan Gununghalu saat melakukan assesment di lokasi longsor, Kamis (25/4/2024). Dok Kecamatan Gununghalu.

Petugas kewilayahan Kecamatan Gununghalu saat melakukan assesment di lokasi longsor, Kamis (25/4/2024). Dok Kecamatan Gununghalu.

POJOKBANDUNG.com, GUNUNGHALU – Bencana tanah longsor menerjang Kampung Muncanglega RT 002/RW 001 Desa Sukasari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (25/4/2024) pagi.


Akibatnya, satu rumah di kawasan tersebut terancam dan jalan penghubung antara Desa Sukasari dengan Desa Tamanjaya tertutup tanah longsor.

Kasi Trantibum Kecamatan Gununghalu, Adang menjelaskan, peristiwa longsor tersebut dipicu lantaran hujan intensitas tinggi dengan durasi yang cukup lama.

“Betul, telah terjadi bencana tanah longsor dikarenakan hujan deras dan kondisi tanah yang labil yang mengakibatkan satu rumah terancam dan jalan penghubung desa tertutup materia longsor,” katanya, Kamis (25/4/2024).

Ia menambahkan, luas tanah longsor tersebut dengan panjang 100 meter dan tinggi 120 meter. Luas cakupan longsor tersebut kurang lebih satu hektar.

“Tanah longsor menutup Jalan Perbatasan Cisuru Sukasari-Tamanjaya dengan membawa material tanah, batu, dan pohon dengan luas kurang lebih cakupan seluas 1 ha persegi,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk saat ini akses jalan yang terdampak longsor tersebut belum dapat dilalui kendaran roda 2 maupun roda 4.

“Jalan tertutup total belum bisa dilalui karena membutuhkan alat berat untuk membersihkan material longsor,” katanya.

Sementara itu, satu rumah yang terancam longsor dihuni oleh dua KK dengan jumlah 6 jiwa. Untuk saat ini, yang bersangkutan telah mengungsi ke lokasi yang lebih aman.

“Satu rumah terancam tersebut dihuni oleh 2 KK karena dikhawatirkan longsor susulan yakni keluarga Bapak Ruhiyat (3 Jiwa) dan keluarga Pak Lili (3 Jiwa),” katanya.

“Untuk sementara korban terancam tanah longsor sudah mengungsi ke rumah kerabatnya. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” imbuhnya.

Ia menegaskan, pihaknya saat ini berkoordinasi dengan perangkat desa dan melaksanakan pendataan terkait dampak bencana longsor yang ditimbulkan.

“Kita juga memberikan himbauan dan memberi arahan kepada warga masyarakat agar senantiasa waspada akan adanya kejadian bencana tanah longsor susulan,” tandasnya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds