Ribuan Pemudik Tiba di Kota Badung Via Terminal Cicaheum Usai Lebaran

MUDIK: Sejumlah pemudik tiba di Terminal Cicaheum Kota Bandung usai cuti bersama lebaran 2024.//TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG//

MUDIK: Sejumlah pemudik tiba di Terminal Cicaheum Kota Bandung usai cuti bersama lebaran 2024.//TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG//

 


POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Ribuan pemudik tercatat sudah kembali memasuki wilayah Kota Bandung melalui Terminal Cicaheum usai libur Idul Fitri 2024. Tercatat dalam data milik UPT Terminal Cicaheum terdapat sekitar 3.770 pemudik yang telah memasuki Kota Bandung.

Data pemudik yang tercatat tersebut mulai berbondong kembali ke rutinitasnya sejak H+1 sampai H+4 Lebaran yang menunjukkan 811 pemudik tiba dari 87 armada bus pada Kamis (11/4). Kemudian 875 pemudik yang datang menggunakan 118 bus pada Jumat (13/4).

Angka kedatangan tersebut meningkat pada H+3 Sabtu (13/4) dengan total 1.080 pemudik dari 126 bus yang tiba di terminal, serta 1.004 pemudik yang turun dari 104 bus pada hari Minggu (14/4). Para pemudik tersebut rata – rata berasal dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Daerah Istimewa Yogjakarta.

Kepala UPT Terminal Cicaheum, Roni Hermanto mengatakan, jumlah pemudik yang tiba di Terminal Cicaheum pada arus balik lebaran cenderung lebih landai jika dibandingkan saat arus mudik.

“Kalau arus balik ini memang ada kencenderungan turun angka pemudik yang datang jika dibandingkan saat berangkat mudik, itu bisa karena para pemudik memilih turun sebelum sampai sini, seperti di Cileunyi, Cibiru, atau Ujungberung. Bisa dibilang tidak ada kepadatan pas arus balik, tapi itu bukan berarti tidak ada, soalnya turunnya berceceran, tidak di sini semua,” kata Roni, Selasa (16/4).

Dia menyebut, untuk tahun 2024 ini jumlah pemudik yang tiba di Teminal Cicaheum tidak sesignifikan seperti tahun sebelumnya. Kendati begitu, pihaknya pun tetap menyiagakan sejumlah petugas untuk melakukan pendataan terhadap para pemudik yang tiba.

“Jumlahnya tidak sebanyak tahun kemarin karena tadi kebanyakan tidak sampai di sini. Petugas kita tetap tugaskan untuk berjaga bareng dengan petugas dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil),” terangnya.

“Jadi setiap penumpang yang turun langsung dilakukan pendataan oleh petugas,” imbuhnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang asal Jawa Timur, Yudi Gunawan (32) mengaku baru tiba di Kota Bandung pada Minggu (14/4) lalu. Dia mengatakan kembali ke Kota Bandung untuk melanjutkan pekerjaannya usai berlibur di kampung halamannya.

“Lanjut kerja, soalnya Selasa (16/4) sudah masuk lagi, asalnya dari Madiun. Turun di Cicaheum soalnya saya di Bandung mukim di daerah Cikutra, lebih dekat kalau turun di sini,” kata Yudi. (rup)

 

 

Loading...

loading...

Feeds

Jawa Barat Targetkan UHC 98 Persen

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman menghadiri acara Monitoring dan Evaluasi Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun …