Upaya Pertemuan Prabowo-Mega Kian Intens, Jubir TKN Tak Menampik Rencana Itu

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Prabowo Subianto nampaknya berusaha menjalin komunikasi dengan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri.


Upaya Pertemuan Prabowo-Mega Kian Intens, Jubir TKN Tak Menampik Rencana Itu

Pengamat politik Ujang Komarudin. Sementara itu, foto atas, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman Jalan Teuku Umar, Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan ini berlangsung santai dan keduanya terlihat bercanda tawa. FOTO : Ricardo/JPNN.com/ FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

Upaya rekonsiliasi itu diprediksi akan terjadi pasca munculnya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) pada 22 April nanti.

Pengamat politik Ujang Komarudin mengatakan, upaya Prabowo merangkul PDIP itu terlihat dari kedatangan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Rosan Roeslani ke kediaman Mega saat momen Idul Fitri, Rabu (10/4/2024) lalu.

Baca Juga : Jalan Tol Fungsional Jogja–Solo Dibuka Satu Arah

Bahkan, kata Ujang, Rosan datang dua kali ke rumah Mega. Hal itu menunjukkan bahwa kubu Prabowo – Gibran berusaha berkomunikasi dengan Presiden ke-IV RI itu. ’’Prabowo serius ingin merangkul Megawati,’’ papar dosen Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) itu.

Walaupun kedua kubu bersaing keras pada Pilpres 2024, lanjut Ujang, tapi hubungan Prabowo dengan Megawati tetap terjalin baik. Megawati dan PDIP tidak mempunyai masalah dengan Prabowo. Hal itu juga disampaikan langsung oleh sejumlah politisi PDIP. ’’PDIP tidak punya masalah dengan Gerindra, kecuali dengan Jokowi,’’ bebernya.

Jadi, kata Ujang, setelah kunjungan Rosan ke rumah Megawati, kemungkinan akan dilanjutkan dengan pertemuan antara Prabowo dengan Megawati atau Prabowo dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani. Kepada media, Puan pada 4 April lalu juga telah membuka kemungkinan pertemuan itu.

Baca Juga : Volume Kendaraan ke Lembang, KBB, Rata-rata Naik 6 Persen

Ujang memprediksi rekonsiliasi antara Megawati dengan Prabowo akan terjadi setelah putusan MK terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) Pilpres. Sehingga, sebelum itu terjadi, komunikasi kedua belah pihak terus dilakukan.

Terpisah, Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran Dahnil Anzar Simanjuntak menyatakan, Prabowo sebagai capres terpilih ingin merangkul semua presiden pendahulunya. Baik itu Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono, maupun Presiden Jokowi.

Bahkan, kata Dahnil, Prabowo ingin duduk bersama dengan Megawati, SBY, dan Jokowi untuk membahas bagaimana cara membangun dan memajukan bangsa. ’’Bisa ngobrol, berdiskusi, dan sharing ke Prabowo soal pengalaman mereka memimpin Indonesia,’’ urainya.

Mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah itu mengatakan, Prabowo berharap semua mantan presiden bisa bersama-sama terlibat dalam membangun Indonesia ke depan. Peran mereka sangat penting dalam memajukan bangsa.

Dahnil menambahkan, ada dua tujuan yang ingin dicapai. Yaitu, untuk mewujudkan kemajuan Indonesia dalam lima sampai 10 tahun mendatang dan untuk menciptakan persatuan masyarakat.

’’Pak Prabowo ingin ada persatuan antar elite, yang akan berdampak sampai masyarakat di bawah, sehingga tidak terpecah belah,’’ tandasnya. (lum/tyo/bay/Jawa Pos)

 

Loading...

loading...

Feeds