Pendidikan Karakter Siswa Masih Belum Maksimal di Kabupaten Bandung

Suasana belajar mengajar yang dilakukan disebuah sekolah.//TAOFIK ACHMAD HIDAYAT / RADAR BANDUNG

Suasana belajar mengajar yang dilakukan disebuah sekolah.//TAOFIK ACHMAD HIDAYAT / RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Belum maksimalnya pembelajaran karakter siswa, menjadi penyebab maraknya kejahatan jalanan geng motor pelajar.


Dalam catatan Radar Bandung dalam sebulan terakhir, Polresta Bandung berhasil membongkar empat aksi koboi dari berbagai geng motor yang memiliki personil remaja di Kabupaten Bandung.

Namun nampaknya, aksi cekatan pihak kepolisian meringkus para pelaku belum membuat efek jera.

Menilik permasalahan tersebut, Pengamat Kebijakan Pendidikan sekaligus Guru besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Prof. Cecep Darmawan mengatakan, permasalahan kekerasan yang dilakukan geng motor pelajar, salah satunya imbas dari belum berjalan dengan baiknya pembelajaran karakter di sekolah.

“Saya rasa ini salah satu imbas kegagalan pendidikan karakter di sekolah,” ungkapnya, Senin (6/5).

Lebih lanjut, ujar dia, pelajaran pancasila yang digadang sebagai salah satu pendidikan karakter belum sesuai secara konsepsi. “Artinya secara implementasi belum menyasar pada pendidikan karakter,” jelasnya.

Pihaknya mengatakan, pendidikan karakter siswa disekolah yang baik harus ditunjang dengan pendidikan serupa yang terjadi di rumah hingga lingkungan sosial.

“Sehingga pemerintah hingga orang tua murid, ikut terlibat dalam membangun karakter siswa tersebut,” ungkapnya.

Jangan sampai, ujar dia, jika pendidikan karakter di sekolah sudah diberikan dengan baik, justru lingkungan keluarga dan sosial merusak pembelajaran tersebut.

“Tidak semua harus dibebankan pada sekolah, namun semua terintegrasi dengan baik. Khususnya dalam pengembangan karakter siswa,” kata dia.

Pihaknya mengatakan, perlu diingat semua elemen masyarakat dan pemerintah perlu bersama-sama m,embangun kota yang menunjang perbaikan karakter siswa yang baik.

“Sehingga pendidikan karakter bisa berjalan baik,” pungkasnya. (kus)

Loading...

loading...

Feeds