Kemenag Gelar Sidang Isbat untuk Menetapkan Awal 1 Syawal 1445 Hijriah

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Syawal 1445 Hijriah pada Selasa, 9 April 2024, di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta.


Kemenag akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Syawal 1445 Hijriah pada Selasa, 9 April 2024, di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI Jakarta.

Penetapan 1 Syawal 1445 H digelar pada Selasa, 9 April 2024, di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI. Foto-foto : Dery Ridwansah JawaPos.com

Sidang isbat ini akan dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, dan Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Kamaruddin Amin, menjelaskan bahwa sidang isbat akan diselenggarakan secara tertutup.

Baca Juga : Tangkap Empat Jaringan Fredy Pratama di Sunter, Bareskrim Polri Berhasil Amankan 7.800 Butir Ekstasi

Biasanya, sidang isbat awal Syawal dilaksanakan pada 29 Ramadan, yang kali ini bertepatan dengan 9 April 2024.

Proses sidang akan dimulai dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Berdasarkan data hisab, ijtimak diperkirakan terjadi pada 29 Ramadan 1445 H / 9 April 2024 M, sekitar pukul 01.20 WIB, dengan visibilitas hilal yang memenuhi kriteria MABIMS (Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura).

Selain itu, Kementerian Agama juga akan melakukan pemantauan hilal di berbagai provinsi.

Baca Juga : Gedung LBH-YLBHI Terbakar, Seorang Petugas Damkar Meninggal

Tim akan dikirim ke 120 lokasi di seluruh Indonesia untuk melaporkan apakah hilal terlihat atau tidak.

Proses ini penting untuk menetapkan awal bulan Syawal, yang juga menandai berakhirnya bulan Ramadan dan dimulainya perayaan Idul Fitri bagi umat Islam. (Bim)

 

Loading...

loading...

Feeds