Waduh… Pengamat Politik Ini Bilang Nasib NasDem Mirip Demokrat

pengamat

pengamat

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Kasus dugaan korupsi yang menjerat para kader NasDem mirip dengan Partai Demokrat. Kemiripin ini terlihat pada saat masa kampanye.


“NasDem waktu kampanye selalu restorasi, antikorupsi. Mirip dengan Demokrat,” kata pengamat politik Tjipta Lesmana dalam diskusi “Hukum & Pertaruhan Politik” di Cikini, Jakarta, Sabtu (24/10).

Tjipta menyatakan, Demokrat pada masa kampanye Pemilu 2009 mengusung pernyataan ‘Katakan tidak pada korupsi’. Namun sayangnya, ada kader-kader partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono itu terjerat kasus korupsi.

Misalnya saja, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dan mantan Bendahara Umum Demokrat M. Nazaruddin, dan mantan Wakil Sekjen Demokrat Angelina Sondakh.

“Demokrat juga begitu waktu itu, tidak, tidak, tidak (pada korupsi), ternyata yes, yes, yes. Banyak dan gembong-gembongnya luar biasa. Ketua umum disikat,” ucap Tjipta.

Nasdem pun mengalami hal serupa. Kini, mantan Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella terjerat kasus dugaan korupsi. Rio menjadi tersangka atas dugaan menerima gratifikasi terkait proses penanganan perkara bantuan daerah, tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal sejumlah Badan Usaha Milik Daerah di Provinsi Sumatera Utara oleh Kejaksaan.

“NasDem ini jadi goncang juga. Karena temanya pemerintah bersih, restorasi. Pertanyaannya sampai di Sekjen atau lebih dari Sekjen, Ini tontonan yang ditunggu-tunggu,” ungkap Tjipta. (gil/jpnn)

Feeds

Raperda P2APBD 2023 Sah Menjadi Perda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) 2023 telah disahkan menjadi peraturan daerah. Penandatanganan Ranperda P2APBD 2023 …

Pemkot Bandung Hormati Proses Hukum yang Berjalan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menghormati seluruh proses hukum terkait pemeriksaan …