Ingat! 4 Minuman Ini Perlu Dihindari Saat Berbuka Puasa

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Salah satu hidangan yang sering diincar saat berbuka puasa adalah minuman. Setelah sekitar 13 jam berpuasa, kamu mungkin akan merasa haus. Oleh karena itu, minuman segar sangat cocok dinikmati di penghujung puasa. Selain menyegarkan minuman segar juga dapat menghilangkan dahaga dan mengembalikan cairan yang hilang dari tubuh.

Namun, perlu kamu waspadai bahwa ada beberapa minuman yang sebaiknya dihindari setelah berbuka puasa karena dapat mempengaruhi kesehatan. Beberapa minuman ini disebut-sebut bisa berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi terlalu sering. Apa saja? Simak 4 minuman yang perlu kamu hindari saat akan berbuka puasa.

1. Air Dingin
Air dingin merupakan minuman yang sebaiknya dihindari saat berbuka puasa, karena dapat menyebabkan kembung dan gangguan kesehatan. Minum air dingin saat perut kosong menyebabkan otot perut berkontraksi sehingga mempersulit proses pencernaan.

Hal ini mempersempit pembuluh kapiler dan mencegah tubuhmu mendapatkan manfaat dari nutrisi, vitamin, dan mineral yang didapat dalam makanan. Oleh karena itu, dianjurkan untuk meminum air putih setelah berpuasa untuk menghilangkan dahaga dan dapat menjaga kesehatan lambung.

2. Teh
Sama halnya dengan kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Maka dari itu, sebaiknya dihindari saat berbuka puasa. Kafein yang terkandung pada teh dapat memicu naiknya asam lambung jika dikonsumsi terlalu banyak, bahkan dapat memicu masalah pencernaan lainnya seperti sembelit saat dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.

3. Kopi
Minuman kopi secara alami mengandung kafein, sehingga sebaiknya menghindari kafein setelah berbuka puasa. Kafein dapat menyebabkan kamu kehilangan air, yang membuat kamu semakin merasa haus. Minum kopi setelah berbuka puasa bisa menyebabkan sakit perut karena saat itu perut kamu masih kosong. Selain itu, kafein dalam kopi dapat menyebabkan kontraksi otot yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah pencernaan.

4. Minuman Bersoda
Minuman bersoda yang dingin ditambah dengan es batu memang sangat nikmat dan menyegarkan, namun sayangnya minuman bersoda sebaiknya tidak diminum saat perut kosong atau dijadikan menu berbuka puasa. Hindari minum air berkarbonasi selama bulan Ramadhan karena dapat menyebabkan gangguan pencernaan, peningkatan asam lambung, kembung dan menurunkan kualitas pencernaan.

itulah beberapa minuman yang perlu kamu hindari saat akan berbuka puasa. Kamu masih bisa mengkonsumsi minuman diatas untuk berbuka puasa, namun ingat jangan terlalu sering karena dapat berpengaruh kepada kesehatan. (*)

Lismaya Widiya Rayani / Universitas Muhammadiyah Bandung

Loading...

loading...

Feeds