16 Petugas Pemilu yang Bertugas di Kota Bandung Meninggal

Ilustrasi

Ilustrasi

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat Bawaslu Jawa Barat (Jabar), Nuryamah mencatat, terdapat 16 anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di wilayahnya meninggal dunia imbas kelelahan dalam bertugas.

“Dari data yang ada, anggota PTPS meninggal berada di beberapa daerah seperti, Kabupaten Garut, Kabupaten Bogor hingga Cianjur,” ucap Nuryamah.

Selain itu, pihaknya juga menemukan ratusan Pengawas Tempat Pemungutan Suara di wilayahnya saat ini sedang dirawat di berbagai rumah sakit daerah akibat kelelahan.

“Ada yang kecelakaan dan lain sebagainya itu berjumlah di angka 424,” kata Nuryamah.

Lebih lanjut secara rinci, kata dia, petugas yang meninggal karena kecelakaan ada di angka 27, rawat inap ini di angka 73 serta rawat jalan berjumlah 291 orang.

“Sekarang masih di rumah sakit itu ada satu orang,” sambung Nuryamah.

Dari total 424 orang petugas pengawas TPS ini. Menurut Nuryamah semuanya akibat kelelahan dan ada juga yang mengalami kecelakaan setelah melakukan pengawasan pemilu 14 Febuari kemarin.

“Rata rata memang ada yang kelelahan tetapi ada juga yang kecelakaan begitu ada yang jatuh dan lain sebagainya. Tapi intinya memang banyaknya kelelahan kalau dari data yang sudah terhimpun di kita,” ungkapnya.

Pihaknya mengungkapkan bahwa Bawaslu Jawa Barat sudah mengantisipasi agar tidak ada korban jiwa pada Pilpres dan Pileg kali ini, namun ternyata takdir berkehendak lain.

“Kami sudah melakukan penyaringan kelayakan kesehatan Pengawas TPS dan lainnya, namun saya melihat kalau ini merupakan takdir ilahi dan umur tidak ada yang mengetahui. Namun kami tetap akan melakukan evaluasi agar kedepannya berjalan lebih baik lagi,” ungkapnya. (kus)

 

Loading...

loading...

Feeds