BPJAMSOSTEK Bandung Soekarno Hatta Bayarkan Rp100 Miliar Klaim Jaminan Hari Tua

Kepala Kantor BP Jamsostek, Bandung Soekarno Hatta Rizal Dariakusumah

Kepala Kantor BP Jamsostek, Bandung Soekarno Hatta Rizal Dariakusumah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK, siap membayarkan klaim program Jaminan Hari Tua (JHT) kepada peserta. Rata rata peserta adalah korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) akibat dampak dari Pandemi Covid-19.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Bandung Soekarno Hatta, Rizal Dariakusumah mengatakan, pihaknya siap membayarkan klaim JHT bagi semua peserta yang berhak dan telah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan.

Rizal menuturkan, sejak Januari 2020 sampai dengan saat ini BPJAMSOSTEK Bandung Soekarno Hatta sudah membayarkan manfaat JHT (Jaminan Hari Tua) sebanyak Rp103.074.818.120 dengan jumlah 9.728 kasus klaim dan manfaat JP (Jaminan Pensiun) sebesar Rp964.450.410 dengan jumlah 196 klaim.

Kata dia, di era new normal rata-rata proses klaim yang di lakukan melalui kanal layanan yang di sebut Lapak Asik (Layanan tanpa kontak fisik). Melalui layanan tersebut peserta tidak perlu khawatir karena layanan ini tetap memperhatikan anjuran pemerintah untuk melakukan pembatasan social (social distancing).

“Posedur ini telah diterapkan diseluruh kantor cabang dan kantor cabang perintis di seluruh Indonesia, sejak pemerintah menetapkan kondisi kedaruratan Covid-19 hingga sekarang,” ucap Rizal.

Sebelumnya, berdasarkan laporan yang diterima Kementerian Ketenagakerjaan, sebanyak 1,94 juta pekerja dirumahkan atau terkena PHK akibat terimbas pandemi Covid-19. Angka tersebut berasal dari 114.340 perusahaan di berbagai wilayah Indonesia.

Wilayah DKI Jakarta tercatat sebagai provinsi dengan jumlah terbesar pekerja yang dirumahkan, yakni mencapai 449.545 pekerja. Kemudian disusul Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Rizal menegaskan, pihaknya akan terus memberikan pelayanan terbaik untuk para pesertanya. Ia juga memastikan pelayanan akan terus ditingkatkan agar peserta merasa mudah dan nyaman.

“Semoga pandemi ini segera berlalu dan kondisi kembali normal. Kami juga berharap masyarakat tetap dalam keadaan sehat selalu,” pungkasnya.

(*/arh)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …