Tahniah Malaikat kepada Shoim, oleh : UIR

POJOKBANDUNG.COM, BANDUNG – Tahniah adalah ungkapan selamat yang mengandung doa karena bahagia.


Tahniah Malaikat Kepada Shoim, Oleh : UIR

UIR anggota IKA IAI Persis Bandung membahas tentang Tahniah Malaikat Kepada Shoim. (Foto atas) ucapan Taqoballohu minna waminkum. Foto : bersamadakwah.net

Saling mengungkapkan yang mengandung doa  adalah tradisi dari  dulu.

Ibnu Baththah rahimahullah dalam kitab Al Ibanah  menjelaskan bahwa tradisi saling memberi ucapan selamat telah ada sejak zaman para sahabat.

Baca Juga : Pj Bupati KBB, Arsan Latif Imbau Warga Bertakbir di Masjid Masing-masing

Dia berkata:

لم يزل الناس على تهنئة بعضهم ببعض في حج أو عمرة أو غيرها بقولهم : تقبل الله

منا و منكم

“Manusia (para sahabat) tidak henti-hentinya memberikan ucapan selamat sebagiannya kepada sebagian yang lain ketika haji, umrah, atau selainnya, dengan ucapan mereka : Taqabbalallahu minna wa minkum.”

Baca Juga : Polresta Bandung Cek Ketersedian Bahan Bakar di SPBU

Tahniah juga bukan hanya ungkapa milik manusia saja, Malaikat pun suka memberikan tahniah, diantara tahniah Malaikat adalah tahniah kepada yang shaum.

Rosululloh Saw bersabda :

اذا كان يوم عيد الفطر وقفت الملائكة على ابواب الطرق فنادوا : اغدوا يامعشر المسلمين الى رب كريم يمن  بالخير ثم يثيب عليه الجزيل لقد أمرتم بقيام الليل فقمتم وامرتم بصيام النهار فصمتم واطعتم ربكم فاقبضوا جوائزكم فاذا صلوا نادى مناد : الا إن ربكم قد غفر لكم فارجعوا راشدين الى رحالكم (رواه الطبرانى فى الكبير).

Artinya:

“Bila pagi Idul Fitri tiba, para Malaikat berbaris di pintu-pintu jalan sambil menyerukan : “Wahai orang-orang yang berserah diri kepada Tuhan, segeralah berangkat kepada Tuhanmu Yang Maha Mulia. Dia akan menganugerahimu  kebaikan dan memberimu pahala yang besar. Kamu telah diperintahkan beribadah malam, lalu kamu laksanakan. Kamu diperintahkan berpuasa siang hari, lalu kamu kerjakan. Kamu telah memenuhi seruan Tuhanmu. Maka terimalah pialamu.

Kemudian apabila mereka selesai shalat, Malaikat berseru lagi : Ketahuilah bahwa Tuhanmu telah mengampuni dosa-dosamu. Maka kembalilah ke perjalanan hidup kalian selanjutnya sebagai orang-orang yang memperoleh petunjuk (HR. Thabrani dalam al Kabir).

Hadits di atas dengan jelas menyatakan bahwa orang-orang yang telah menjalankan ibadah shaum dengan keimanan yang penuh dan hanya mengharapkan ridha Allah serta menjalankan amal-amalan yang baik, mendapatkan ampunan dan penghargaan dari-Nya. Aamiin

Dihari yang fitri ini, seyogianya saling mengungkapkan doa tahniah dengan ungkapan

تقبل الله منا و منكم

الله اعلم . (**)

Loading...

loading...

Feeds