Ratusan Napi Lapas Banda Aceh Kabur, Manfaatkan Waktu Salat Magrib

POJOKBANDUNG.com – Insiden kerusuhan terjadi di lembaga pemasyarakatan (Lapas) Lambora Banda Aceh, Kamis (29/11) sore. Sekitar 113 narapidana melarikan diri dengan menjebol pagar dan tembok lapas.

Kepala Bagian Humas Ditjen PAS Kementerian Hukum dan HAM, Ade Kusmanto mengatakan, insiden tersebut terjadi pada saat napi hendak melaksanakan salat Magrib. Ketika itu, ada warga binaan yang melakukan provokasi kepada napi lain untuk kabur.

“Mereka kemudian terpengaruh. Napi membobol tembok lapas. Masalah motifnya sedang kita dalami,” ujar dia ketika dikonfirmasi JawaPos.com, Jumat (30/11).

Ade mengungkapkan, pihaknya sudah menangkap sejumlah napi yang melarikan diri. “Sekitar 23 orang napi sudah tertangkap, mudah-mudahan nanti siang bertambah lagi,” jelas dia.

Dia menambahkan, pihak lapas dibantu aparat TNI dan kepolisian saat ini terus menyisir wilayah Aceh untuk mencari puluhan napi lainnya.

Sebelumnya, beberapa warga binaan meminta melaksanakan salat magrib berjamaah sekitar pukul 18.30 WIB pada Kamis (29/11) kemarin.

Namun waktu beribadah tersebut dimanfaatkan oleh beberapa orang narapidana untuk memprovokasi narapidana lainnya untuk melarikan diri dari Lapas Kelas II A Banda Aceh.  Mereka menjebol pagar ornames pemisah kantor utama dengan blok atau taman kunjungan.

(rdw)

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …