Sopir Elf Jurusan Bandung-Cirebon Turun Omset Imbas Sepinya Pemudik

POJOKBANDUNG.COM, KABUPATEN BANDUNG – Mudik lebaran 2024 dianggap tidak menguntungkan pebisnis kendaraan umum  Elf jurusan Bandung-Cirebon.


Sopir Elf jurusan Bandung-Cirebon Turun Omset Imbas Sepinya Pemudik

Suasana kendaraan elf yang menunggu penumpang di Cileunyi Kabupaten Bandung, Senin malam (8/4/2024). Sopir Elf jurusan Bandung-Cirebon Turun Omset Imbas Sepinya Pemudik. AGUNG EKO SUTRISNO / POJOKBANDUNG.COM

Salah seorang sopir Elf jurusan Bandung-Cirebon, Anton (45) mengatakan, mudik lebaran tahun ini keuntungan yang dimilikinya turun 50 % dibanding tahun sebelumnya.

Baca Juga : Menko PKM Muhadjir Effendy Sebut Ada Masalah dengan Gran Max Maut yang Mengangkut 12 Orang yang Terdiri dari Tujuh Laki-laki dan Lima Perempuan

“Sepertinya penurunan keuntungan karena, tahun ini banyak penumpang arah Cirebon, memilih memakai motor atau bus,” ungkap dia, Senin (8/4/2024).

Lebih lanjut, ujar dia, pada mudik lebaran tahun 2023 lalu, pada H-2 Lebaran sebagai puncak mudik.

Dirinya bisa mendapatkan untuk lebih dari tiga  juta rupiah.

Baca Juga : Kecelakaan Maut Contraflow Tol Japek, Sebanyak 12 Korban Meninggal Dunia Alami Luka Bakar, Gran Max Angkut Lima Orang Laki-Laki dan Tujuh Perempuan

“Namun di H-2 lebaran tahun ini hanya satu juta, itupun belum terpotong stor dan uang untuk kernet,” ucap dia.

Pihaknya mengatakan, ongkos menggunakan jasa elf tahun ini ada di harga 120 ribu rupiah tidak berubah dari tahun sebelumnya.

“Kita sengaja ongkos yang sama agar tidak memberatkan penumpang, namun ternyata masih banyak kursi kosong setiap harinya,” ujar dia.

Anton mengatakan, dalam durasi 24 jam dirinya hanya mengambil dua pemberangkatan. Namun sampai hari ini, pihaknya hanya mendapatkan satu pemberangkatan saja.

“Bahkan kalau penumpang sedikit hanya dua orang, kita ga jadi berangkat. Penumpang kita arahkan ke mobil lain,” ujarnya.

Pihaknya berharap, sebelum hari lebaran tiba pemudik yang menggunakan jasanya bisa bertambah agar keuntungan bisa kembali membaik.

“Saya harap keuntungan bisa membaik, masih ada hari esok sebelum lebaran,” ungkap dia. (kus)

 

Loading...

loading...

Feeds