Luis Milla Hengkang dari Persib, Yana Sunarya Jadi Pelatih Sementara Persib Bandung

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pelatih Persib asal Spanyol Luis Milla Aspas secara mengejutkan memutuskan mundur setelah tiga pertandingan di musim kompetisi 2023/2024 karena alasan keluarga. Untuk sementara waktu, Yaya Sunarya akan didapuk menjadi pelatih sementara Persib.

Pertandingan melawan Dewa United semalam menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda Persib Bandung.

Seiring dengan keputusan Milla itu, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez juga memutuskan untuk mundur dari jajaran staf pelatih. Menjadi hal yang umum terjadi di dunia sepakbola ketika kepergian pelatih juga diikuti oleh para asistennya.

Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengambilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut. Untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya.

Diketahui, persoalan ini telah merundung Milla sejak lama, tapi baru terungkap saat ini.  Yang mana dirasa menjadi waktu terbaik demi menjaga stabilitas tim di Liga 1 musim ini.

“Hari ini adalah hari yang cukup sulit bagi saya karena hari ini saya harus meninggalkan klub Persib karena alasan personal. Menurut saya waktu dan perjalanan yang dilalui bersama Persib sudah berjalan dengan baik dan penuh kasih sayang dan penuh kecintaan dari semua aspek di klub,” kata Milla, Sabtu (15/7/2023).

Ia mengucapkan  terima kasih kepada semua, orang-orang yang ada di sekitar saya sekarang seperti Pak Umuh. Pak Kuswara dan Pak Teddy yang selama ini sudah sabar dan terus memberikan support hingga hari ini.

“Apapun yang sudah dilewati bersama pemain juga saat ini sudah dilalui dengan baik tapi ini adalah alasan yang personal, hal yang cukup sulit untuk diputuskan sebagai pelatih,” katanya.

Keputusan Milla tentunya mengejutkan semua pihak. Salah satunya Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PT PBB) Umuh Muchtar.

Umuh mengaku terkejut dengan keputusan Milla. Karena secara hasil pun tidak terlalu mengecewakan.

“Saya sangat terkejut sekali karena tim memang tidak dalam keadaan membutuhkan pelatih, karena baru tiga kali draw. Masih ada harapan tentunya. Ada harapan untuk memicu pemain,” ujarnya.

Sejak menunjuk Milla sebagai pelatih, PERSIB selalu memberikan dukungan secara maksimal. Segala hal yang menjadi kebutuhan teknis tim, seperti kebijakan transfer pemain, pun dipenuhi. Itu semua dilakukan tak lain adalah untuk membawa Pangeran Biru berada di tempat yang menjadi kebanggaan Bobotoh.

Namun demikian, Persib sangat menghormati keputusan yang sudah diambil Milla, Carlos dan Manuel Cascallana. Persib juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi yang diberikan ketiganya selama ini.

Di bawah asuhan Milla, Persib menempati peringkat ketiga pada kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, setelah sempat tertatih-tatih di awal musim.

Selanjutnya, Persib menunjuk Yaya Sunarya untuk menjadi pelatih sementara dibantu oleh Bayu Eka Surya dan Luizinho Passos.

“Kami manajemen akan bergerak secepat dan setepat mungkin dalam mencari pelatih pengganti. Karenanya, mohon doa dan dukungan dari seluruh Bobotoh agar Persib bisa melalui masa-masa ini sesegera mungkin sehingga perjalanannya di Liga 1 bisa terus berlanjut tanpa menemui kendala,” kata Deputy Ceo PT PBB Teddy Tjahjono.

Sedangkan untuk pengganti pelatih Persiblima nama calon pengganti Luis Milla berikut beberapa

Loading...

loading...

Feeds