Ini Manfaat dan Cara Mengolah Daun Ketumpang atau Daun Sirih Cina Sebagai Obat Herbal Tradisional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sejak zaman dahulu tanaman Daun sirih cina atau “Peperomia Pellucida”  telah merajai panggung dunia sebagai pengobatan tradisional, terutama di Benua Asia.


Tanaman yang memiliki daun tunggal berwarna hijau berkilau dengan bentuk mirip hati yang khas, ujung runcing, tumbuh secara berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan aroma yang sedap ketika diremas.

Batangnya berwarna coklat kehijauan, berbentuk bulat, memiliki ruas, dan berfungsi sebagai tempat keluarnya akar serabut putih yang tertanam di permukaan tanah dangkal yang subur

Berdasarkan ciri-cirinya khasnya daun sirih cina lebih dikenal sebagai daun ketumpang atau tumpang air merupakan salah satu tanaman semak liar yang banyak ditemukan di berbagai wilayah Nusantara.

Di sisi lain, daun sirih cina merupakan jenis tanaman merambat yang dapat mencapai tinggi sekitar 10 cm sampai 15 cm.

Manfaat Daun Sirih Cina

Selain itu, sirih cina terdapat kandungan senyawa aktifnya yang beragam seperti : flavonoid, tanin, alkaloid, saponin, terpenoid, steroid, glikosida, dan triterpenoid. Berkat kandungannya ini, mengkonsumsi sirih cina atau tumpang sari memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut.

  1. Antiseptik

Daun sirih cina mengandung sifat anti mikroba dari senyawa flavonoid yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Untuk penggunaan daun sirih cina sebagai antiseptik hanya digunakan sebagai obat luar bukan dikonsumsi.

  1. Anti Inflamasi

Kandungan flavonoid memiliki sifat anti inflamasi yang dapat mengurangi respons peradangan dalam tubuh dengan mengurangi produksi mediator peradangan.

Beberapa orang juga menggunakan sirih cina sebagai alternatif gejala gangguan kulit terkait dengan peradangan seperti ruam dan eksim.

  1. Antioksidan

Kandungan antioksidan dari tumbuhan sirih cina sangat berhubungan dengan penggunaan sirih cina sebagai tanaman obat tradisional.

Zat alkaloid, flavonoid, saponin, dan tanin yang terkandung dalam daun sirih cina menghasilkan aktivitas antioksidan yang dapat mencegah serangan bakteri.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Beberapa zat senyawa dalam sirih cina memiliki sifat analgesik ringan yang dapat membantu meredakan rasa sakit.

Daun sirih cina dapat dihancurkan atau diambil ekstraknya lalu ditaruh pada area kepala yang sedang sakit. Hal ini akan membantu mengurangi rasa sakit kepala.

  1. Mengobati Jerawat

Efek antiinflamasi dan antiseptik dari senyawa di daun sirih cina akan membantu mengurangi peradangan pada jerawat.

Menggunakan ekstrak sirih cina pada area jerawat akan membantu mengurangi kemerahan dan membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.

  1. Meredakan Diare

Daun sirih cina akan membantu mengurangi peradangan dan mengatur aktivitas saluran pencernaan. Selain itu, konsumsi ekstrak daun sirih cina akan membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh yang berkurang akibat diare.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Sirih cina akan membantu mencegah infeksi yang akan memperlambat proses penyembuhan luka. Senyawa antioksidan dalam sirih cina akan melindungi sel-sel baru selama proses penyembuhan dan mempercepat proses penyembuhan.

  1. Melawan Radikal Bebas

Zat-zat yang terkandung di dalam sirih cina diketahui memiliki sifat antioksidan. Beberapa diantaranya adalah polifenol, tanin, dan flavonoid. Dengan Begitu, kandungan antioksidan berperan penting dalam melawan efek radikal bebas yang bisa membuat sel-sel tubuh rusak.

Bahkan, sudah terdapat suatu penelitian yang membuktikan kalau sirih cina juga efektif dalam menjaga sel-sel dalam tubuh agar tetap sehat, sehingga dapat melawan risiko terkena serangan kanker.

Berdasarkan catatan sejarah, tanaman obat herbal ini telah digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, mulai dari sakit kepala hingga masalah pencernaan.

Dikutip dari laman alodokter.com, kepercayaan akan khasiat daun sirih cina telah diturunkan dari generasi ke generasi, membuktikan warisan budaya dan nilai kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Daun sirih cina banyak ditemukan di semak sehingga sering kali dipandang sebelah mata padahal daun sirih cina memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Lalu, apa saja kandungan dan manfaat daun sirih cina dan bagaimana cara mengkonsumsinya? Mari, kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Kandungan Daun Sirih Cina

Dalam setiap 100 gram daun sirih Cina, terkandung berbagai zat gizi, termasuk:

  • Karbohidrat: 1,1 gram
  • Kalium: 277 mg
  • Lemak: 0,5 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Beta karoten: 1250 mg
  • Kalsium: 94 mg
  • Fosfor: 13 mg
  • Zat besi: 4,3 mg
  • Asam karbonat: 2 mg

Langkah-langkah Mengolah Daun Sirih Cina

Terdapat beberapa langkah untuk mengolah daun sirih cina tergantung dengan tujuan penggunaannya. Berikut adalah langkah mengolah mendaun sirih cina secara umum:

  • Pilih daun yang sehat dan segar untuk dikonsumsi
  • Cuci daun dengan air mengalir
  • Rebus dengan air mendidih
  • Saring hasil rebusan
  • Tambahkan gula atau madu untuk menambah rasa

Efek dan potensi manfaat konsumsi daun sirih cina dapat bervariasi setiap orang. Hindari penggunaan berlebihan dan lakukan uji sensitivitas kecil untuk memastikan reaksi alergi atau iritasi.

Loading...

loading...

Feeds