Buka Akses Jalan di GungungHalu, Akhirnya Pemkab Bandung Barat Turunkan Alat Berat

POJOKBANDUNG.com, GUNUNGHALU – Pemkab Bandung Barat terus berupaya melakukan penanganan jalan putus akibat longsor di Kampung Tugu, RW 01 RT 05 Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.


Pasalnya, akses jalan di kawasan tersebut lumpuh total akibat terdampak langsung material longsor. Sehingga mengakibatkan aksesibilitas warga setempat terganggu.

Sekretaris Daerah KBB, Ade Zakir, pihaknya saat ini telah menurunkan alat berat untuk memudahkan proses pembersihan material longsor agar dapat dilalui kendaraan roda dua maupun empat.

“Kita telah menurunkan alat berat untuk menyingkirkan tanah yang menutup jalan. Alhamdulillah saat ini sudah bisa dilalui kendaraan,” katanya.

Ia menjelaskan, longsor tersebut mengakibatkan jalan sepanjang 100 meter tertutup material longsor bahkan kontruksi jalan amblas.

“Longsor terjadi imbas hujan dengan intensitas tinggi dan dengan durasi yang sangat lama. Selain itu lokasi longsor tanahnya labil dengan kemiringan cukup curam, sehingga saat diterjang hujan, kemudian amblas,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, pihak terkait saat ini tengah melakukan pemadatan dan juga lereng di kawasan tersebut dibuat lebih landai agar kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

“Lereng ini kita landaikan, dan diberi saluran air memadai, sehingga ketika hujan di atas, tidak mengikis. Jalan pun kita padatakan sedemikian rupa agar tahan, karena ini lalu lintas alternatif utama KBB ke Cianjur,” katanya.

Ia menegaskan, pihaknya pun bakal segera menanami kembali pojok di kawasan tersebut agar dapat menahan tanah supaya mudah menyerap air saat hujan deras datang.

“Harus ditanami kembali biar jadi penahan Pergerakan tanah,” tandasnya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds