Kecanduan Nonton Video Youtube? Begini Cara Mengatasi Kecanduan Menonton Youtube..

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mengatasi kecanduan YouTube menjadi semakin penting di era digital ini di mana platform video daring telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari.


Meskipun YouTube menawarkan hiburan dan informasi yang berlimpah, kecanduan terhadap platform ini dapat mengganggu produktivitas dan keseimbangan hidup.

Meskipun susah untuk lepas dari YouTube, dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat membatasi kebiasaan menonton YouTube dan mendapatkan kembali kendali atas waktu dan perhatian Anda.

Mengutip Verywell Mind, berikut adalah beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi kecanduan YouTube.

  1. Tetapkan Batasan Waktu Menonton

Menghilangkan kebiasaan menonton YouTube secara tiba-tiba bisa membuat Anda semakin ingin melakukannya. Sebagai gantinya, tetapkan waktu spesifik setiap hari untuk menonton.

  1. Menonaktifkan Fitur Autoplay

Matikan fitur Autoplay YouTube dalam pengaturan. Dengan menghilangkan daftar putar otomatis, Anda dapat lebih mudah berhenti menonton saat Anda telah merencanakannya.

  1. Atur Pengingat untuk Istirahat

Aktifkan opsi “Ingatkan saya untuk beristirahat”. Anda dapat menerapkannya sesuai dengan waktu yang Anda tentukan saat menonton video YouTube .

  1. Jadikan Sebagai Hadiah

Berikan diri Anda waktu untuk menonton sebagai hadiah setelah menyelesaikan tugas-tugas tertentu. Misalnya, Anda bisa memberi diri Anda 15 menit waktu menonton YouTube setelah membersihkan dapur, atau 30 menit setelah pulang kerja.

Loading...

loading...

Feeds