Rehab Lima Puskesmas KBB Capai Rp 5 Miliar

MOCHAMAD HABIBI/RADAR BANDUNG RENOVASI : Para pekerja mengerjakan renovasi Puskesmas Pasirlangu, Desa Pasirlangu, Kec. Cisarua, KBB. Puskesmas Pasirlangu merupakan salah satu dari lima puskemas yang sedang dalam taraf renovasi.

MOCHAMAD HABIBI/RADAR BANDUNG
RENOVASI : Para pekerja mengerjakan renovasi Puskesmas Pasirlangu, Desa Pasirlangu, Kec. Cisarua, KBB. Puskesmas Pasirlangu merupakan salah satu dari lima puskemas yang sedang dalam taraf renovasi.

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Rehab dan pembangunan lima Puskemas di Bandung Barat telan dana Rp 5 miliar. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat kini sedang membangunan dan merehab lima Puskesmas yakni Puskesmas Padalarang, Puskesmas Jayamekar Padalarang, Puskesmas Pasir Langu Cisarua, Puskesmas Sumurbandung Cililin dan Pembangunan Puskesmas Baru Cikalongwetan.


Kepala Dinas Kesehatan KBB Pupu Sari Rohayati menuturkan, pembangunan dan rehab puskesmas tersebut dilakukan dalam rangka penyediaan sarana kesehatan bagi masyarakat khusunya yang berada di daerah pelosok. Adapun tahun ini, terdapat 4 Puskesmas yang direhab dan 1 pembangunan Puskesmas baru.

“Semuanya dua lantai, untuk Puskesmas Padalarang nambah 1 ruangan rawat inap (DTP). Jayamekar, pasir langu, dan sumbur bandung Cililin itu rehab total. Sedangkan untuk Puskesmas Cikalongwetan itu Pembangunan baru,” kata Pupu kepada Wartawan di Parongpong, Rabu (7/10).

Adapun nilai anggaran yang digunakan untuk pembangunan dan rehab Puskesmas itu rata-rata 800 juta/puskesmas, yang sudah dikerjakan sejak bulan September dan akan selesai pada bulan Desember 2015. “Mudah-mudahn bulan Desember sudah beres dan sudah bisa digunakan,” ujarnya.

Pupu yang juga dokter tersebut menambahkan, saat ini dari 32 Puskesmas yang ada di Kabupaten Bandung Barat, hanya dua Puskesmas yang belum dilakukan perehaban bangunan. Yakni tinggal Puskesmas Pataruman dan Puskesmas Cipatat. “Tinggal dua puskesmas lagi yang belum direhab. Mudah-mudahan bisa direhab pada tahun berikutnya,” ungkapnya.

Dengan pembangunan dan rehab Puskesmas di tahun 2015 ini, saat ini  KBB terdapat 7 Puskesmas yang memiliki sarana Dengan Tempat Perawatan (DTP). Yakni Puskesmas Jayagiri, Puskesmas Cikalong Wetan, Puskesmas Rajamandala, Puskesmas Gununghalu, Puskesma Batujajar, Puskesmas Cililin, dan Puskesmas Saguling.

Sementara untuk, pembangunan Rumah Sakit Baru di Cikalongwetan, saat ini masih dalam tahap perijinan. Dengan nilai anggaran sebesar 105 miliar, Bandung Barat memiliki 3 Rumah Sakit yakni di RSUD Cililin, RS Lembang dan RS Cikalongwetan.

(RadarBandung/bie)

Feeds

Raperda P2APBD 2023 Sah Menjadi Perda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Rancangan Peraturan Daerah Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (P2APBD) 2023 telah disahkan menjadi peraturan daerah. Penandatanganan Ranperda P2APBD 2023 …

Pemkot Bandung Hormati Proses Hukum yang Berjalan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menghormati seluruh proses hukum terkait pemeriksaan …