Ratusan Anggota PPS Pilkada 2024 Dilantik untuk Bertugas di Pilkada 2024

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung melantik 453 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk bertugas pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat dan Walikota Bandung pada November 2024 mendatang.


Seluruh panitia tersebut dilantik setelah melalui tahapan seleksi yang digelar oleh KPU sejak beberapa waktu lalu.

Ketua KPU Kota Bandung Wenti Frihadianti menjelaskan proses akhir sebelum pelantikan hari ini, para peserta yang terpilih terlebih dahulu mengikuti wawancara yang digelar pada 21-22 Mei lalu.

“Total peserta yang ikut wawancara kemarin 800an itu dari 151 kelurahan di Kota Bandung, sudah diumumkan juga pada tanggal 23-24 kemarin dan dilantik hari ini 453 orang sesuai kebutuhan tiap tps yakni tiga orang PPS,” kata Wenti Minggu (26/5).

Ia menjelaskan pada pelaksanaannya nanti tiap anggota PPS yang bertugas akan dibantu oleh Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) yang saat ini telah ditetapkan pula oleh KPU. Ia menyebut untuk anggota PPK yang telah dilantik jumlahnya ada 150 orang.

“Jadi nanti di tiap kecamatan kan sudah ada PPK itu jumlahnya 150 dibagi 30 kecamatan ditambah lagi sama PPS yang hari ini dilantik,” ujarnya.

Sementara itu, terkait honorarium bagi petugas PPS pada Pilkada nanti akan sama dengan besaran honor pilpres, yakni Rp. 1,3 – 1,5 juta. Para panitia yang terpilih tersebut akan bekerja sejak bulan November hingga Januari 2025.

“Ketuanya dapat Rp. 1,5 juta kalau anggota PPS masing – masing dapat Rp. 1,3 juta, itu untuk masa kerja sampai Januari 2025 nanti,” pungkasnya. (rup)

Loading...

loading...

Feeds