Kota Bandung Masuk dalam Salah Satu Kota Wisata Terbaik, Ini Dia Alasanya!

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Magnet Kota Bandung sebagai destinasi wisata favorit tidak lepas dari unsur pariwisata, kuliner, dan kreativitasnya.

Kota Bandung berada di urutan ke-15 dari 25 kota di dunia dan menjadi satu-satunya kota dari Indonesia yang masuk daftar tersebut.

Selain alasan-alasan tersebut, masih banyak fakta-fakta menarik tentang Kota Bandung sehingga layak mendapat predikat “Best of the Best Destinations Travelers Choice”. Apa saja itu?

1. Tempat Lahirnya Konferensi Asia-Afrika

Kota Bandung tak bisa dilepaskan dari lahirnya Konferensi Asia-Afrika pada 1955 yang membuat Indonesia, khususnya Bandung dikenal dunia. Bukti sejarah tersebut, bisa dilihat langsung di Museum Konferensi Asia-Afrika yang berada di Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Bandung.

Selain itu masih banyak lagi wisata sejarah yang bisa anda jadikan sarana nostalgia di Bandung. Mulai dari Gedung Sate, Museum Geologi, Monumen Bandung Lautan Api, hingga kawasan Jalan Braga.

2. Pesona Wisata Kota

Kota Bandung memiliki banyak destinasi wisata kota. Jalan-jalan beserta gedung yang ditulis pada poin sebelumnya juga merupakan destinasi wisata kota, loh!

Misalnya di Jalan Braga. Anda bisa menikmati suasana kota Bandung beserta gedung-gedung tua dan berfoto di sana.

3. Pusat Kuliner Viral dan Tematik

Setelah lelah berwisata kota, anda juga bisa mengisi tenaga dengan menjajal aneka kuliner yang ada. Ya, Kota Bandung memang dikenal sebagai pusat kuliner viral.

Bahkan, Bandung masuk Top 10 dalam “100 Best Food Cities” versi TasteAtlas, dan jajanan khas Bandung kerap viral di media sosial sehingga menginspirasi kota-kota lainnya di Indonesia. Seperti seblak, cilung, cilor, cilok, citul, hingga telur gulung yang viral ke seluruh Indonesia.

4. Paris van Java

Bandung kerap disebut sebagai “Paris van Java”, salah satu alasannya karena Bandung menjadi salah satu kota yang melahirkan tren-tren fesyen terkini. Bahkan, perkembangan fesyen di Bandung sudah dimulai sejak 1900-an, dan terus berkembang hingga saat ini.

Kota Bandung juga menjadi tempat lahirnya tren distro yang berkembang pesat ke seluruh Indonesia, dan menjadi distrik-mode yang tersebar di berbagai jalan utama, seperti di kawasan Jalan Cihampelas, Jalan Riau, dan Dago.

5. Pusat Industri Kreatif

Perkembangan industri kreatif di Bandung juga cukup pesat. Baik itu di subsektor seni rupa, film, seni pertunjukan, hingga musik. Menariknya lagi, banyak pelaku industri kreatif asal Bandung yang memiliki kontribusi besar dan sangat berpengaruh bagi perkembangan industri kreatif di Indonesia.

Pada 2007, Bandung juga dikukuhkan sebagai “Kota Kreatif” oleh British Council dengan menjadikan Bandung sebagai pilot project Kota Kreatif se-Asia Timur.

6. Kota Film

Kota Bandung juga merupakan lokasi pembuatan film Indonesia pertama yang berjudul Loetoeng Kasarung. Film tayang perdana pada 31 Desember 1929.

Julukan “Kota Film” untuk Bandung terus melekat, terlebih pada 1987 lahir Festival Film Bandung yang menjadi ajang penghargaan bagi insan perfilman Indonesia yang terus hadir hingga saat ini.

Beberapa adegan yang menjejak di ingatan pecinta film lokal juga banyak yang diambil di Bandung. Seperti misalnya film ‘Dilan’ yang fenomenal itu.

Akan menarik jadinya, jika anda memecahkan di mana latar tempat film itu diambil, dan mengabadikan momen di lokasi tersebut.

Selagi masih ada libur panjang, rasanya tak ada salahnya menghabiskan waktu di Kota Bandung. Selamat menyambut akhir pekan!

Loading...

loading...

Feeds