Puluhan Rumah di Bandung Barat Rusak Disapu Angin Puting Beliung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Puluhan rumah di dua desa di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat rusak akibat tersapu angin puting beliung pada Sabtu (4/5/2024) lalu.


Lokasi pertama angin puting beliung tersebut berada di Kampung Lebak Muncang, Desa Cikande, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat.

Di lokasi ini, setidaknya terdapat 19 rumah dan satu masjid mengalami kerusakan terdampak angin puting beliung tersebut. Sebanyak dua rumah diantaranya mengalami rusak berat.

Sementara itu, di lokasi kedua yakni Kampung Cidekul RT 2 RW 4, Desa Cipangeran, Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat setidaknya ada 11 rumah yang terdampak angin puting beliung.

Petugas lapangan BPBD KBB, Suheri mengatakan, peristiwa angin puting beliung terjadi saat hujan dengan intensitas tinggi menerjang kawasan tersebut.

“Kejadian itu terjadi ketika hujan deras disertai angin kencang sekitar pukul 15.00 WIB,” katanya, Minggu (5/5/2024).

Ia menambahkan, saat kejadian terjadi mengakibatkan pohon tumbang dan juga atap bangunan rumah warga jatuh dan juga berterbangan.

“Berdasarkan asessment di dua desa, sebagian besar mengalami kerusakan di bagian atap (genteng atau asbes) terbang jatuh,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini warga terdampak sebagian mengungsi ke tempat lebih aman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Sebagian warga mengungsi terlebih dahulu ke rumah keluarga karena memang sebagian rumah masih dalam tahap perbaikan pasca bencana. Dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada terhadap potensi bencana yang bisa datang setiap saat.

“Untuk situasi cuaca seperti saat ini, masyarakat diimbau untuk tetap waspada karena bencana bisa datang kapan saja,” tandasnya. (kro)

Loading...

loading...

Feeds