Pengamat Sebut Menangnya Komeng di DPD Jabar Tak Mengagetkan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menangnya komedian bernama asli Alfiansyah alias Komeng pada pemilihan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Pemilu 2024 dinilai pengamat bukan suatu hal yang mengagetkan.


Komeng ditetapkan oleh KPU sebagai calon dengan perolehan suara tertinggi dengan raihan 5,3 juta suara.

Pengamat politik Universitas Padjadjaran, Ferdinan Manan mengatakan menangnya komedian nasional ini dinilainya tidak mengherankan mengingat minimnya tokoh populer yang bertarung di kontestasi DPD.

“Sebenarnya tidak kaget juga kalau sampai menang soalnya kan memang di DPD ini persaingan nama populer itu jarang, beda dengan DPR RI,” kata Manan.

Dirinya menjelaskan pada pemilu 2019 lalu, sudah ada nama komedian yang memenangkan pemilihan di tingkat DPD, seperti nama Ony SOS. Kendati begitu pada tahun 2024 ini, perolehan suara dari Komeng pun bisa jauh melebihi perolehan suara Ony di pemilu sebelumnya.

“Kalau komedian di DPD ini kan sebetulnya sudah ada ya sebelumnya seperti Kang Ony di 2019 yang memeroleh 4 jutaan suara, nah di 2024 ini muncul nama Komeng yang perolehan suaranya juga unggul jauh dengan 5,3 juta suara,” ujarnya.

Menurutnya peta persaingan calon legislatif yang berlaga di pemilihan DPR dan DPD berbera karena kurangnya sosok – sosok populer yang bertarung di DPD. Sehingga hal itu dinilai turut menjadi satu faktor yang memenangkan nama Komeng.

“Karena nama populernya ini minim jadi peluang Komeng untuk mendapat suara signifikan di DPD ini sangat besar seperti Kang Ony di 2019,” jelasnya.

Diketahui, sejak hari pemilihan Rabu (14/2) lalu nama Komeng telah mencuri perhatian publik dengan foto di surat suaranya yang ikonik. Bahkan namanya pun sempat menjadi tren di media sosial saat hari pemilihan lalu. (rup)

Loading...

loading...

Feeds