Kegiatan Produktif yang Bisa Dilakukan Ketika Menjalankan Ibadah Puasa

ilustrasi kajian

ilustrasi kajian

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menjalani bulan yang penuh berkah seharusnya disertai dengan berbagai persiapan kegiatan yang positif saat ramadan. Banyak sekali puasa yang diisi dengan kegiatan itu-itu saja atau mungkin tidur. Puasa bukan menjadi alasan untuk kita tidak produktif atau tidak menjalankan kegiatan positif.

Menjadi produktif di bulan ramadan sehari-hari menjadi keinginan banyak yang ingin dilakukan semua orang. Namun sayangnya kita sering bingung untuk melakukan kegiatan apa yang ingin kita lakukan saat ramadan. Inilah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan saat ramadan.

1. Ikut kajian
Mengisi kegiatan yang positif-positif di bulan ramadan adalah hal yang baik. Kajian bisa diikuti oleh berbagai usia. Selama mengikuti kegiatan ini, kamu akan mempunyai ilmu baru, pengetahuan baru bahkan relasi yang baru.

Mendengarkan ceramah atau memperhatikan ceramah menjadi kebaikan untuk diri sendiri dan juga lebih mendekatkan diri kepada Allah.

2. Mempelajari hal baru
Mengeksplor hal-hal baru berguna untuk meningkatkan skill kita atau potensi diri kita. Menjalankan bulan yang penuh berkah dengan hal yang bermanfaat akan memberikan pengalaman yang baik.

Tetapi kita juga jangan terlalu membebani melebihi kapasitas kita. Dengan begitu kita akan selalu menikmati kegiatan hal kita lakukan dengan hal yang menyenangkan.

3. Berbagi takjil
Salah satu kegiatan ngabuburit yang penuh dengan pahala yaitu berbagi takjil. Membagi makanan yang gratis atau takjil tidak harus mahal, cukup yang sederhana. Ini kamu bisa sesuaikan dengan dompet kamu dan berbagi makanan atau minuman yang bisa dinikmati orang-orang.

Nah, berbagai kegiatan positif yang bisa kamu lakukan saat ramadan. Selain mendapatkan pahala kamu juga mempunyai skill baru dan pengalaman yang baru. (*)

Marsela Amelia/ Universitas Islam Nusantara

Loading...

loading...

Feeds