Ini Dia Cara Agar Make Up Tetap Tahan Lama dan Tampil Cantik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Berbicara tentang wanita tentu saja identik dengan make up atau riasan wajah. Menjalani aktifitas sehari hari pasti membutuhkan riasan yang tahan lama, agar penampilan tetap maksimal.


Kunci make up yang tahan lama tergantung produk yang digunakan dan disesuaikan dengan jenis/kondisi kulit. Pemilihan produk yang kurang tepat akan menyebabkan make up terlihat kusam, terlalu oily (berminyak), ataupun geser dan terlihat tidak rata.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar make up yang digunakan bisa tahan seharian tanpa luntur dan oksidasi yang bikin kusam.

Yang pertama adalah skin preparation, yaitu persiapan sebelum menggunakan make up, yang termasuk skin prep biasanya daily skincare yang kamu gunakana, dari mulai toner, serum sampai pelembab.

Skin prep sebelum make up harus menyerap dengan sempurna di setiap step nya untuk menghindari peeling ketika make up, yaitu ada lapisan skincare yang terkelupas.

Cara yang kedua yaitu menggunakan primer, primer merupakan produk riasan wajah yang digunakan sebeleum make up agar muka lebih halus dan produk make up lebih menempel. Jenis primer yang digunakan bisa menyesuaikan dengan jenis kulit baik kering atau berminyak.

Selanjutnya, menggunakan produk make up yang memiliki klaim long lasting, yaitu yang dapat digunakan dalam waktu yang lama, baik complexion (foubdation, BB cream dsb), kosmetik mata dan juga bibir.

Yang keempat, yaitu menggunakan bedak baik bubuk maupun padat, bedak yang di rekomendasikan yaitu jenis bedak setting powder yang di rancang untuk menahan minyak agar make up tidak luntur.

Dalam penggunaan bedak ini harus di perhatikan, karena bagian wajah yang cenderung lebih berminyak seperti hidung, dagu dan jidat (kondisi setiap orang berbeda) membutuhkan bedak yang lebih banyak, akan tetapi hal ini dapat menyebabkan make up cakey (terlalu tebal) atau terlihat dempul.

Apabila make up terlihat cakey, solusinya yaitu tips yang kelima dengan menggunakan setting spray. Setting spray merupakan kosmetik berupa cairan yang di semprotkan ke wajah untuk mengunci make up, dan juga bisa menghilangkan cakey.

Itu dia lima tips teknik dan jenis produk untuk make up yang tahan lama sampai seharian tanpa harus touch up (menggunakan make up tambahan), sehingga penampilan pun tetap cantik dan on point.

Perlu diingat bahwa setiap orang memilki tipe dan kondisi yang beda sehingga tips tersebutnya hanya berlaku secara umum dan belum tentu sesuai dengan semua kondisi kulit. (*)

Fathia Uswatun Hasanah-Universitas Muhammadiyah Bandung

Loading...

loading...

Feeds