Ini 5 Doa yang Pasti Kamu Butuhkan Dibulan Ramadan, yang Terakhir Paling Penting!

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Di bulan Ramadan umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama 30 hari. Selama 30 hari itu, umat muslim harus bisa menahan hawa nafsu dari segala godaan yang bisa menyebabkan puasa menjadi batal atau tidak afdal.


Dalam menjalankan ibadah puasa kita tidak hanya menahan lapar dan haus saja, akan tetapi juga menahan hawa nafsu dari rasa emosi dan pikiran-pikiran kotor yang dapat mempengaruhi hati dan pikiran kita. Karena disaat kita sedang menjalankan puasa, bebagai macam godaan selalu datang menghampiri kita. Maka dari itu, ada baiknya kita untuk menghafalkan doa-doa yang dapat menjauhkan kita dari segala godaan tersebut.

Berikut ini 5 doa penting yang pasti kamu butuhkan saat berpuasa dibulan Ramadan.

1. Doa Terlanjur Meng-ghibah
Saat berpuasa kita sering kali mendapatkan segala godaan yang dapat membuat puasa kita menjadi batal. Salah satu godaan tersebut yaitu meng-ghibah atau membicarakan orang dibelakang. Maka dari itu, kita wajib membacakan doa dibawah ini apabila kita terlanjur meng-ghibah.

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلَهُ
Allahummaghfir lanaa wa lahuu.
Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan ampunilah dia (orang yang dighibahi)”.

2. Doa Menghilangkan Pikiran Kotor
Pikiran kotor adalah salah satu godaan yang menghambat kita saat sedang berpuasa. Karena pikiran kotor dapat mempengaruhi hati dan perilaku kita yang akan berakibat fatal dan akhirnya dapat mengurangi pahala puasa kita.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ
Allahumma inni a’udzu bika min munkarootil akhlaaqi wal a’maali wal ahwaa.
Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang mungkar.”

3. Doa Ketika Menahan Amarah
Saat menjalakan ibadah puasa kita tidak hanya menahan lapar dan haus saja, tetapi juga kita harus bia menahan hawa nafsu dari rasa amarah. Karena dalam menjalankan ibadah puasa diperlukan keikhlasan dan kesabaran.

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
Audzubillahiminasyaitonirojim bismillahirohmanirohim.
Artinya: “Aku berlindung kepada Allah yang maha mendengar lagi maha megetahui dari setan yang terkutuk.”

4. Doa Agar Tidak Merasa Kehausan
Menahan haus adalah salah satu tantangan saat sedang menjalankan ibadah puasa, karena saat kita sedang melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja kita kadang sering merasa kehausan. Maka dari itu, bacakan doa dibawah ini agar kamu tidak merasa kehausan saat sedang bekerja dibulan Ramadhan.

Setelah sahur ambillah segelas air putih, lalu bacakan surah Al-kautsar sebanyak 7 kali dan kemudian tiupkan ke gelas yang berisi air. Minumlah air tersebut dan insyaallah kamu akan terhindar dari rasa haus.

5. Doa Agar Tidak Malas Shalat
Terkadang saat sedang menjalankan ibadah puasa, kita sering malas untuk menunaikan ibadah shalat 5 waktu. Karena saat kita berpuasa kita hanya ingin berleha-leha atau tidur saja. Berikut doa yang bisa kita bacakan disaat kita sedang malas untuk shalat.

اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ
Allahumma a’inni ‘alaa dzikrika wa syukrika wa husni wa ibaadatika.
Artinya: “Wahai Allah aku mohon pertolongan agar aku selalu ingat (dzikir) kepada-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah yang baik kepada-Mu.”

Itulah 5 doa penting yang akan kamu butuhkan saat puasa dibulan Ramadhan, semoga dibulan Ramadhan kali ini puasa kita lancer dan dijauhkan dari segala godaan yang dapat membuat puasa kita batal. (*)

Lismaya Widiya Rayani / Universitas Muhammadiyah Bandung

 

Loading...

loading...

Feeds