KPU Jabar Tetapkan DPT Pilkada 2024 dan Empat Pasangan Calon Gubernur Jawa Barat

POJOKBANDUNG.COM, KOTAB BANDUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar telah menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan empat pasangan calon dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

KPU Jabar Tetapkan DPT Pilkada 2024 dan Empat Pasangan Calon Gubernur Jawa Barat

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni didampingi Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Jabar, Adi Saputro memberikan keterangan pers usai menggelar pleno tertutup penetapan DPT dan Calon Gubernur Jabar di Hotel Holiday Inn, Minggu 22 September 2024. Foto-foto: For Pojok Bandung

Ketua KPU Jabar, Ummi Wahyuni, mengungkapkan bahwa jumlah DPT untuk Pilkada 2024 mencapai 35.925.960 orang, terdiri dari 17.885.107 pemilih laki-laki dan 18.040.853 pemilih perempuan.

DPT yang telah ditetapkan KPU Jabar akan memberikan suara mereka di 73.862 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di seluruh provinsi.

Baca Juga :KPU Jabar Siapkan Mekanisme Pilkada Serentak 27 November

“Barusan sudah ditetapkan untuk jumlah DPT kita sebanyak 35.925.960 dengan 73.862 TPS,” kata Ummi, Minggu 22 September 2024.

*DPT Mengalami Penurunan  40.880 Orang Dibandingkan dengan DPS

Dia menjelaskan DPT ini mengalami penurunan sebesar 40.880 orang dibandingkan dengan Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Baca Juga : KPU Jabar Prioritaskan Keluhan Disabilitas Soal Akses ke TPS

Proses pemutakhiran data dilakukan untuk menghapus pemilih yang sudah meninggal dan yang berpindah domisili.

“Ada proses pemutakhiran yang menyebabkan berkurangnya 40.000 pemilih di 27 kabupaten/kota,” jelasnya.

Selain itu, diakui olehnya bahwa KPU Jabar juga telah menyelesaikan masalah terkait data ganda yang ditemukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Baca Juga :KPU Jabar Catat Ada 11 Juta DPS Pilkada 2020

Ketua Divisi Data dan Informasi KPU Jabar, Ahmad Nur Hidayat, menjelaskan bahwa dari 122.836 data ganda yang terdeteksi, hanya tersisa 18 orang setelah pemutakhiran, dan kini semuanya telah diselesaikan.

“Data ganda sudah clear, bahkan umur di bawah 17 tahun dan di atas 120 tahun juga sudah nol,” jelas Ahmad.

Selain penetapan jumlah DPT, KPU Jabar juga menetapkan empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang akan bertarung dalam Pilgub 2024.

Keempat paslon tersebut adalah Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan, Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie, Acep Adang Ruhiyat-Gitalis Dwi Natarina, dan Jeje Wiradinata-Ronal Surapradja.

“Hari ini KPU Provinsi Jawa Barat menetapkan empat pasangan calon dan semuanya memenuhi syarat,” kata Ummi.

Penetapan ini menandai langkah awal menuju proses selanjutnya, yaitu pengundian nomor urut yang dijadwalkan pada  hari ini Senin, 23 September 2024.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Jabar, Adi Saputro, menambahkan bahwa seluruh pasangan calon telah menyerahkan berkas dan memenuhi 19 syarat administratif, termasuk pemeriksaan kesehatan dan syarat pencalonan.

“KPU juga memberikan waktu tiga hari kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan, namun tidak ada laporan yang masuk hingga batas waktu yang ditentukan,” pungkasnya.(rup)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …