Bakti Sosial dan Kesehatan Polsek Ciparay di Lokasi Terpencil

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-78 tahun 2024, Polsek Ciparay Polresta Bandung menggelar kegiatan bakti sosial dan bakti kesehatan.


Kegiatan ini menyasar warga masyarakat yang tinggal di kawasan terpencil dan jauh dari perkotaan, tepatnya di Kampung Genteng, Desa Bumiwangi, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Dengan menempuh jarak 10 kilometer melalui akses jalan mendaki dan berbatuan, petugas kepolisian tetap bersemangat untuk mendistribusikan puluhan paket sembako kepada warga yang dituju.

Menggunakan kendaraan roda dua, sesampainya di lokasi, petugas kepolisian bersama kader kesehatan harus berjalan kaki untuk menjangkau pemukiman warga yang hanya berjumlah 22 kartu keluarga.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo, melalui Kapolsek Ciparay Iptu Ilmansyah, mengatakan bahwa dipilihnya lokasi tersebut karena warga setempat jarang sekali mendapatkan bantuan dan pemeriksaan kesehatan.

“Kita lihat bersama, jalur menuju pemukiman warga di sini jauh sekali dari perkotaan,” katanya. Warga di sini juga jauh untuk ke mana-mana, apalagi untuk memeriksa kesehatan,” tambahnya.Rabu (26/6).

Ia mengungkapkan bahwa banyak warga yang kesehariannya sebagai petani mengalami tekanan darah tinggi saat dilakukan pemeriksaan kesehatan.

“Tadi ada yang tensinya 211, 187, meski biasa saja bagi mereka, tapi ini kan bahaya sekali. Kami juga sudah berkoordinasi dengan pihak kesehatan dari Puskesmas untuk menyarankan warga setempat agar rutin memeriksakan diri,” sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dusun 1 Cicalengka yang mewilayahi 5 RW di Desa Bumiwangi, Ari Gunawan. Ia menjelaskan bahwa tidak adanya keinginan warga untuk memeriksakan kesehatannya disebabkan oleh akses jalan yang sangat jauh.

“Memang kenyataannya jauh sekali untuk ke puskesmas, selain itu akses jalannya yang terjal dan rusak,” katanya.

Ia pun berharap kegiatan ini rutin dilakukan, baik oleh pihak kepolisian maupun pihak pemerintahan, agar warga tersebut dapat merasakan kemudahan dalam melakukan pemeriksaan kesehatan.

“Alhamdulilah, dengan adanya kegiatan dari Polsek Ciparay ini sangat terasa sekali bagi warga di sini,” ujarnya. (kus)

Loading...

loading...

Feeds