Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo Hujaukan Konservasi Hutan Bambu, Ciater

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menanam pohon bambu di lahan konservasi hutan Bambu, Ciater, Selasa (15/8/2023). Foto M. Anwar/pojokbandung.com.

Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menanam pohon bambu di lahan konservasi hutan Bambu, Ciater, Selasa (15/8/2023). Foto M. Anwar/pojokbandung.com.

POJOKBANDUNG.COM, SUBANG-Pangdam III/Siliwangi, Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo bersama warga dan lembaga lain menanam pohon yang di kawasan daerah konservasi hutan Bambu, Ciater, Subang Selasa (15/8/2023).


Kegiatan ini dihadiri pula Penjabat Bupati Subang yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Asep Nuroni, Kadis LH, Hari Rubianto dan para para Kepala Dinas lingkup Pemkab Subang serta para tamu undangan lainnya.

Sebelum penanaman, Dandim 0605 Subang, Letkol Inf Bambang Raditya melakukan MoU pemeliharaan kawasan  hutan konservasi Bambu Ciater dengan pihak Sari Bumi Mas serta menerim penyerahaan pohon dari Zaenal yang disaksikan langsung Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo.

Tak hanya itu, bakti sosial dengan membagikan sembako serta 100 Al-Qur’an secara simbolis diserahakan Pangdam kepada warga tandai kegiatan penanaman pohon bambu di derah kawasan konservasi yang menjadi penyangga lereng hutan Ciater.

“Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan tentu saja kerjasama dengan berbagai pihak untuk menjaga agar daerah penyangga atau longsor lebih terjaga dan ada nilai tambahnya bagi lingkungan dan warga, ” ungkap Pangdam di lokasi kegaiatan.

Pangdam juga mengajak kepada jajarannya termasuk warga untuk memelihara dan menjaganya.

“Kudu alias harus dijaga daerah konservasi dan apa yang ditanam jadi tumbuh,”.pinta Mayjen TNI Kunto.

Dia juga mengatakan, penanaman pohon bambu itu merupakan bagian dari adanya upaya untuk menjaga ekosistem yang nantinya mampu mewujudkan kelestarian alam dan itu merupakan tangung jawab bersama.

“Penanaman ratusan pohon bombu ini diharapkan bisa memberikan nilai manfaat yang banyak bagi lingkungan dan masyarakat,” kata Pangdam

Menurutnya, menjaga keseimbangan kondisi alam,sangat penting untuk terus dilakukan. Setidaknya, terdapat ratusan pohon bambu jenis haur koneng yang ditanam di lahan konservasi Ciater.

Dia menyebutkan tanaman bambu Haur Koneng tahap pertama sebanyak 400 pohon. Beberapa hari sebelumnya pun telah dilaksanakan penanaman pohon dengan jenis yang disesuaikan kondisi di sana atau tepatnya Daerah Latihan (Rahlat) Kodam III/Slw di Rancabali Ciwidey, Kabupaten Bandung. (anr)

Loading...

loading...

Feeds