Eman : Saya Bangga karena Isteri Menjadi Kader JKN

Eman Sulaeman

Eman Sulaeman

POJOKBANDUNG.com – Sebagai seorang suami tentu punya memiliki peran besar di dalam keluarga yaitu seorang pemimpin. Tidak hanya menjadi pemimpin saja tapi bisa menjadi supporting terhadap apa yang dilakukan oleh anggota keluarganya. Seperti halnya Eman Sulaeman (57), suami dari Etty Rohaeti yang merupakan seorang Kader JKN BPJS Kesehatan wilayah Desa Sukawening Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung

Eman yang juga menjabat sebagai Ketua RT mendukung sekali tugas isterinya sebagai Kader JKN yang mengharuskan berkunjung dari rumah ke rumah, dari kampung ke kampung demi menjalankan tugasnya. Kemanapun Etty pergi bertugas, Eman selalu setia menemaninya dengan berkendara motor miliknya.

“iya saya mah kemana-mana selalu siap antar si ibu, karena ibu ga bisa naik motor, jadi saya sebagai selalu antar dan siap mendukung apa yang dikerjakan sama ibu,” celoteh Eman sambil tertawa, Selasa (19/11).

Setiap hari, Eman mengaku mengantar sang istri ke rumah-rumah peserta yang memiliki tunggakan iuran. Meskipun dalam satu hari hanya bisa melakukan kunjungannya 3 sampai 4 rumah, namun yang terjadi di lapangan sangat memakan waktu, karena jarak antara rumah ke rumah cukup jauh.

“Paling banyak itu sampai 4 rumah, tapi karena jaraknya jauh-jauh, belum lagi jalan yang jelek, sudah tiba di rumah pesertanya, ngobrol aja terus, jadi pulang-pulang ke rumah itu sehabis maghrib,” ucap Eman.

Baginya sebagai seorang suami sudah seharusnya mendukung segala kegiatan yang dilakukan istri, asalkan kegiatan itu membawa manfaat. Apalagi yang dikerjakan isterinya sebagai Kader JKN itu merupakan tugas yang mulia, karena membantu banyak orang.

“Jadi Kader JKN itu hebat, tidak semua orang bisa melakukan tugas itu, dibutuhkan hati yang ikhlas, ikhlas menolong, dibutuhkan hati yang sabar, sabar dimarahin peserta. Padahal kan si ibu hanya mengingatkan, karena itu kewajibannya membayar iuran, apalagi sampai menunggak. Justru kondisi itu lah saya selalu ada di samping ibu untuk selalu memberikan doa dan semangat, itu baru tugas suami.” ungkap Eman.

Tugas Kader JKN Bukan hanya sebagai pengingat iuran atas tagihan peserta yang menunggak tapi lebih banyak dari itu sebagai juru informasi. Kader JKN berperan memberikan edukasi, bagaimana tata cara mendaftar menjadi peserta JKN-KIS, bagaimana tata cara merubah data. Tidak hanya sekedar memberikan informasi tapi juga menolong langsung, ketika persayaratan sudah lengkap maka Kader JKN lah yang pergi melakukan pengurusan administrasi ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang.

“Saya bangga isteri saya jadi Kader JKN, karena tugas Kader JKN itu sangatlah mulia,” pungkas Eman.

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …