H+2 Lebaran, Kendaraan Memadati Kawasan Wisata Lembang

POJOKBANDUNG.COM, KAB BANDUNG BARAT – Kendati diguyur hujan animo wisatawan ke kawasan Lembang masih cukup tinggi.


H+2 Lebaran, Kendaraan Memadati Kawasan Wisata Lembang

Jajaran pihak kepolisian dari Polres Cimahi saat memberlakukan one way untuk mengurai kemacetan di Lembang, Jumat (12/4/2024). Foto-foto: Hendra Hidayat/pojokbandung.com

Hal tersebut terlihat dari jumlah volume kendaraan yang terus meningkat.

Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Sat Lantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subakti menjelaskan, kendaraan yang memasuki kawasan Lembang hingga H+2 masih didominasi oleh roda empat.

Baca Juga : Nadiem Makarim Resmi Rombak Seragam Sekolah SD, SMP, dan SMA dengan Penambahan Jenis Baru

“Pada H+2 Lebaran hari ini volume kendaraan di jalur objek wisata Lembang naik 10 persen jika dibandingkan hari biasa,” katanya saat ditemui, Jumat (12/4/2024).

Ia menambahkan, peningkatan volume kendaraan tersebut merupakan akibat dari masih tingginya warga yang berwisata menghabiskan libur Lebaran ke kawasan wisata Lembang.

“Ketika turun hujan juga menambah kemeriahan kendaraan yang melintas ke jalur objek wisata Lembang,” katanya.

Baca Juga : Libur Lebaran, Ketan Bakar Lembang, KBB, Jadi Kuliner Favorit Wisatawan

Ia menyebut, pihaknya memberlakukan Cara Bertindak (CB) one way dan skema lainnya agar kepadatan kendaraan di kawasan Lembang dapat terurai.

Selain itu, para petugas pun disiagakan di sejumlah titik kemacetan.

“Untuk mengurai kemacetan, kami dari Satuan lalu lintas Polres Cimahi melaksanakan CB one way sepenggal secara situasional. Jadi, ketika terjadi kemacetan, kami terapkan one way,” katanya.

Ia menegaskan, hingga siang hari setidaknya sudah lima kali memberlakukan one way dari arah Kota Bandung menuju Lembang. Pasalnya, kawasan wisata Lembang mulai mengalami kepadatan kendaraan.

“Wisatawan yang melintas jalur alternatif seperti jalan Kolonel Masturi untuk menghindari kemacetan untuk lebih berhati-hati karena saat cuaca hujan berpotensi terjadi longsor,” katanya.

“Lebih baik melintas ke jalur arteri karena banyak anggota yang siap untuk melayani masyarakat dan mengatur arus lalu lintas,” tandasnya. (KRO)

Loading...

loading...

Feeds