Rekomendasi 5 Menu Sahur Kilat Saat Bangun Kesiangan

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kelelahan setelah menjalani aktivitas di bulan puasa dan terlalu banyak tidur di malam hari seringkali menjadi penyebab bangun terlambat untuk sahur. Saat jam mendekati waktu Imsak, kita sering melewatkan sahur dan hanya minum segelas air. Padahal, menurut Sunnah, jika bangun pagi dan makan sahur, maka akan mendapatkan keberkahan.

Oleh karena itu, menjelang waktu Imsak, tetaplah mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Pasalnya, mengonsumsi makanan tersebut akan membuat kita tetap berenergi saat beraktivitas di pagi hari. Berikut 5 menu sahur kilat saat bangun kesiangan.

1. Telur Rebus
Jika kalian masih mempunyai stock telur dirumah, itu bisa digunakan sebagai menu sahur saat bangun kesiangan. Karena selain proses memasaknya yang mudah tinggal direbus menu satu ini juga tidak memerlukan bumbu lain-lain selain sederhana telur juga mengandung protein dan nutrisi. Namun, ingat jika merebus telur terlalu matang itu justru akan membahayakan kesehatan tubuh. Maka rebuslah telur paling lama sekitar 5-7 menit saja.

2. Telur Dadar
Masih dengan bahan awal telur untuk kalian yang bangun kesiangan saat sahur daripada hanya harus meminum segelas air putih saja lebih baik kalian memasak menu sahur satu ini, selain praktis rasanya pun tak kalah enak. Menu satu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit saja untuk dimasak, kalian tinggal tambahkan garam atau penyedap rasa lainnya agar rasa pada telur dadar tidak terlalu hambar dan tinggal kalian goreng. Kalian juga bisa menambahkan irisan daun bawang dan cabai bila kalian suka.

3. Mie Rebus
Mie rebus menjadi salah satu menu sahur untuk kita yang bangun kesiangan, prosesnya tidak memakan waktu lama sekitar 5 menit saja kalian sudah bisa menyantap menu ini. Kita hanya perlu merebusnya di air yang mendidih lalu masukan bumbunya, kalian juga bisa menambahkan telur dan sayur kedalamnya. Namun, ingat jangan telalu sering mengkonsumsi mie instan karena tidak baik untuk kesehatan.

4. Omelet Mie
Menu sahur kilat selanjutnya yaitu berbahan dasar mie dan telur, omelet mie menjadi salah satu makanan popular karena selain bahannya yang murah, proses pembuatannya pun cukup praktis. Jika saat sahur hanya memakan mie instan yang diolah biasa, lebih baik kita mengolahnya menjadi makanan yang penuh gizi yaitu dibuat menjadi omelet mie.

5. Nasi Goreng
Nasi goreng menjadi salah satu menu pilihan sahur saat kita bangun kesiangan, karena prosesnya yang tidak membutuhkan waktu lama nasi goreng menjadi menu favorit untuk sahur. Kalian bisa menambahkan toping seperti sosis, baso atau telur kedalam nasi goreng. Menu satu ini sangatlah praktis dan memiliki kaya akan gizi seperti karbohidrat dari nasi, dan protein dari telur atau sosis. Menu sahur kilat satu ini dijamin akan menjaga energi dan stamina kalian selama berpuasa. (*)

Lismaya Widiya Rayani / Universitas Muhammadiyah Bandung

Loading...

loading...

Feeds