Kesehatan Berawal dari Perilaku Sehari-Hari

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Saat ini, ada banyak masyarakat yang mengalami penyakit kronis, penyakit tidak menular, atau penyakit perilaku. Ini menunjukkan perilaku manusia dalam keseharian sangat berpengaruh pada kesehatan. Karenanya, brand ambasasdor BPJS Kesehatan, Ade Rai, menegaskan akan pentingnya menjaga perilaku dalam sehari-hari, baik itu menjaga makan dan berolahraga. Menurutnya, tindakan preventif sangat penting dilakukan untuk meminimalisir bengkaknya anggaran BPJS Kesehatan.

“85% dari klaim BPJS Kesehatan itu disebabkan murni dari peralihan penyakit infeksi ringan sekarang ke penyakit kronis atau ke penyakit tidak menular atau penyakit perilaku. Ini kalau masyarakat mengubah perilakunya, maka jumlah penderitanya bisa berkurang. Dan kalau jumlah penderitanya berkurang, maka budget dananya bisa digunakan untuk hal lain seperti pencegahan penyakit,” kata Ade saat ditemui Jamkesnews saat melakukan sosialisasi Program JKN-KIS, Senin (16/09).

Pria yang juga berprofesi sebagai binaragawan ini mengingatkan masyarakat agar sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Meskipun ia tak menyangkal saat ini masyarakat belum memiliki kepedulian yang tinggi untuk menjaga kesehatannya.

“Peran masyarakat itu menjaga kesehatan. Sekarang yang jadi tantangan adalah masyarakatnya tidak memiliki empati yang cukup untuk menjaga kesehatannya sehingga jadi mudah sakit,” paparnya.

Di tengah kegiatan tersebut, Ade Rai juga mempraktikkan cara berolahraga ringan yang benar kepada Amirudin (64), salah satu peserta kegiatan.

“Sebaiknya saya lakukan olahraga yang diajarkan Ade Rai ini dari dulu mungkin sekarang saya sama berototnya kaya Ade Rai,” ucap Amirudin.

Belum lama ini juga Amirudin kerap dihampiri hipertensi. Ia harus sering melakukan pemeriksaan tekanan darahnya di klinik. Untungnya, ia sudah menjadi peserta JKN-KIS.

“Alhamdulillah sudah ada BPJS Kesehatan yang memberikan jaminan kesehatan di masa tua saya. Walaupun dulu jarang berolahraga tapi setelah mendengar sosialisasi Program JKN-KIS dari Ade Rai, setiap sehabis waktu shalat saya jadi termotiviasi untuk melakukan olahraga dan menjaga makanan yang dikonsumsi,” imbuhnya.

(apt)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …