SKD CPNS 2024 Digelar di 339 Titik , Waduh Datang Telat Dianggap Gugur

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2024 dimulai.

SKD CPNS 2024 Digelar di 339 Titik, Waduh Datang Telat Dianggap Gugur

Ilustrasi tes rekrutmen CPNS. Foto : Instagram/@bkngoidofficial. Foto atas dokumentasi Jawa Pos

Sebanyak 3.034.894 peserta tes CPNS akan berkompetisi di tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) mulai Rabu (16/10/2024).

Tes CPNS akan berlangsung sampai 14 November.

Baca Juga :Ini Syarat dan Cara Daftar CPNS 2024, Buka Banyak Formasi untuk Fresh Graduate

Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Vino Dita Tama mengungkapkan, BKN telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari.

Sehingga, pelaksanaan SKD hari ini dipastikan siap.

’’Insyaallah,’’ ujarnya dikonfirmasi Selasa(15/10/2024).

Baca Juga :2 Hari Lagi Pendaftaran CPNS 2022 Dibuka, Peluang Besar bagi Lulusan SMA Sederajat

Setidaknya, ada 339 titik lokasi (tilok) pelaksanaan SKD di seluruh daerah dan mancanegara. Detailnya, 36 lokasi kantor BKN, 75 lokasi mandiri BKN, 135 lokasi mandiri instansi, dan 93 lokasi luar negeri.

Vino mewanti-wanti agar peserta memperhatikan apa saja persyaratan untuk bisa mengikuti SKD.

Diantaranya, wajib membawa kartu identitas berupa fisik atau digital, kartu ujian yang diunduh SSCASN, hingga soal ketentuan pakaian yang rapi dan sopan.

Baca Juga : Di Sini Pemkab Bandung Barat Gelar SKD bagi CPNS dan PPPK Non Guru

Peserta juga diminta tidak membawa barang berharga seperti perhiasan. Mengingat, tidak semua barang bisa dibawa masuk dalam ruang ujian.

’’Item yang boleh dibawa masuk ke ruangan ujian hanya KTP, kartu ujian, dan alat tulis berupa pensil dan alat coret yang disediakan instansi,’’ paparnya.

Peserta SKD turut diminta datang minimal 60 menit sebelum tes dimulai. Pasalnya, bagi yang telat tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti seleksi atau dianggap gugur. Hal ini merujuk pada Surat Pengumuman BKN Nomor 06/PANPEL.BKN/CPNS/X/2024.

Sebelumnya, MenPANRB Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, persiapan telah dilakukan dan tak ada hambatan yang ditemui. ’’Jadi nanti lebih dari 3 juta pendaftar akan tes SKD untuk berkompetisi di sekitar 249 ribu formasi,’’ ungkapnya.

Meski begitu, pelaksanaan rangkaian seleksi CPNS ini akan terus dicermati mengingat seleksinya bersamaan dengan seleksi untuk kategori pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). Di mana, pendaftaran masih dibuka hingga 19 Oktober 2024 mendatang.(mia/bay/jawa pos)

 

loading...

Feeds