Mumpung Ramadan, Baca Yuk Keutamaan Nuzulul Qur’an

Caption: Keistimewahan Nuzulul Quran.

Caption: Keistimewahan Nuzulul Quran.

 


POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam bulan suci Ramadan terdapat malam yang sangat Istimewa yang disebut nuzulul qur’an. Nuzulul qur’an adalah peristiwa kitab suci Al-qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad lewat perantara malaikat.

Nuzulul qur’an adalah peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu bagi umat islam. Nuzulul qur’an biasanya diperingati setiap malam ke-17 ramadan.

Kebiasaan umat islam untuk menyambut nuzulul qur’an biasanya melakukan beberapa amalan ibadah sepesti tadarus, shalat malam, I’tikaf di masjid. Ketika beribadah saat makam nuzulul qur’an maka pahalanya sebanding dengan ibadah selama seribu bulan atau bertepatan dengan lailatul qadar.

Lantas apa sih keistimewaan nuzulul qur’an?

1. Malam yang lebih baik dari seribu bulan
Nuzulul qur’an atau lailatul qadar adalah malam yang sangat istimewah di bulan Ramadan, dalam al-quran disebutkan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pahala yang didapatkan sangat besar dan sangat penting bagi umat muslim karena pada malam ini al-qur’an yang menjadi petunjuk umat islam.

2. Malam penuh kemuliaan
Keutamaan lailatul Qadar ini langsung disebutkan allah dalam firmannya surat Al-Qadr yang menyebutkan bahwa pada malam itu malaikat turun ke bumi untuk mengantur semua urusan.

“ Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin tuhannya untuk mengatur segala urusan “ (QS. Al-Qadr 97:4)

3. Diampuni dosa terdahulu
Tidak hanya itu ternyata nuzulul quram disebut juga dengan malam penuh ampunan. Dari Abu Hurairah meriwayatkan Rasullah SAW bersabda : “ Barangsiapa beribadah di malam Lailatul Qadar dengan rasa iman dan mengharap pahala dari Allah, ia akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim.

Nah jadi itulah beberapa keutamaan dari nuzulul qur’an, semoga bermanfaat. (*)

Marsela Amelia/ Universities Islam Nusantara

 

Loading...

loading...

Feeds

Herman Suryatman Dilantik Jadi Sekda Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin melantik Herman Suryatman menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Jabar. Pelantikan berlangsung di …