KPU KBB Laksanakan Rapat Pleno Terbuka Tingkat Kabupaten

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilu 2024 di Kampung Legok, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kamis (29/2/2024).


Ketua KPU KBB Ripqi Ahmad Sulaeman menjelaskan, tahapan tersebut dilakukan usai pelaksanaan rapat pleno terbuka tingkat PPK telah rampung dilaksanakandilaksanakan beberapa hari lalu.

“Berdasarkan PKPU nomor 5 itu tahapan rekapitulasi kabupaten itu terjadwal dari tanggal 17 Februari-5 Maret 2024. Dari rentan waktu itu kita mengambil tanggal 29 Februari 2024, dan mudah-mudahan selesai di tanggal 1 Maret 2024,” katanya saat ditemui, Kamis (29/2/2024).

Ia menambahkan, pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara pemilu 2024 di tingkat PPK berjalan lancar. Oleh karena itu, pelaksanaan pleno tingkat kabupaten dilaksanakan oleh KPU KBB.

“Kenapa kita mengambil rekapitulasi itu, karena memang pleno ini sudah selesai sehingga kita bisa mengambil tahapan selanjutnya untuk mengambil rekapitulasi kabupaten,” tambahnya.

“Kemarin di tingkat PPK saya pikir kemarin sudah berjalan baik dan lancar. Tadinya perkiraan selesai di tanggal 28 Februari 2024, alhamdulilah mereka bisa menyelesaikan di tanggal 26 Februari,” sambungnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemilu 2024 di Kabupaten Bandung Barat berada di angka 82 persen. Namun jika dibandingkan pemilu 2019 lalu mengalami penurunan sebanyak 4 persen.

“Untuk partisipasi masyarakat sendiri setelah dihitung, itu di angka 82 persen masyarakat yang hadir ke TPS. Jika dibandingkan 2019 lalu itu di angka 86 persen, partisipasi masyarakat di Pemilu 2024 menurun 4 persen,” katanya.

Ia menegaskan, terkait penurunan partisipasi masyarakat tersebut pihaknya bakal melaksanakan kajian. Dengan begitu, faktor penyebab pasti dapat diketahui.

“Saat ini kami KPU sedang mengkaji kenapa bisa terjadi penurunan. Pada bulan Februari ini semua tahu, cuaca tanggal 14 Februari 2024 itu sedang tidak baik-baik saja, hujan dari pagi sampai pukul 10.00 WIB, itu bisa jadi salah satu faktor,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Bandung Barat, Arsan Latif mengatakan, berdasarkan peninjauan yang dilakukan pada saat pelaksanaan pemilu 2024 di wilayahnya berjalan baik dan lancar.

“Sebelumnya pada pelaksanaan Pemilu saya meninjau sscara langsung ke TPS, alhamdulillah secara keseluruhan pelaksanaannya berjalan lancar, aman, dan sukses tanpa ekses. Meskipun ada persoalan-persoalan kecil, tapi biasalah,” katanya.

Ia menyebut, partisipasi masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang menyentuh angka 82 persen sebagian besar diakibatkan oleh faktor cuaca yang terjadi di wilayahnya.

“Meski harapan saya lebih di angka itu, namun karena qodarullah hujan mungkin agak menghambat. Namun secara umum kami menyampaikan koordinasi TNI/Polri dan pihak lainnya ini bisa terkawal dengan baik,” katanya. (kro)

.

Loading...

loading...

Feeds

Berikut Struktur Pemerintahan Hamas

POJOKBANDUNG.COM, JALUR GAZA – Serangan mematikan Israel turut membunuh tiga putra dan empat cucu Kepala biro politik Hamas, Ismail Haniyeh. …