Kartu Tani Sibedas Mendorong Pertumbuhan Petani di Kabupaten Bandung

 


POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Program Kartu Tani Sibedas yang dicanangkan oleh Bupati Bandung, Dadang Supriatna, mendapat sambutan hangat dari kelompok tani di Kabupaten Bandung.

“Salah satu fokus utamanya adalah pengadaan pupuk, yang diharapkan dapat memberikan kesuburan pada lahan pertanian dan meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Bandung,” kata Dadang.

Dengan adanya program ini, dirinya mengharapkan produksi pertanian akan meningkat, membawa dampak positif pada kemakmuran dan kesejahteraan para petani. Peningkatan daya saing dalam pemasaran produk pertanian juga menjadi tujuan.

“Harapannya tentu saja dapat mengangkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bandung, khususnya dalam aspek daya beli dan keberlangsungan ekonomi masyarakat,” terangnya.

Pihaknya menyebut program Kartu Tani Sibedas sebagai langkah konkret dalam memberdayakan petani. Program ini diharapkan mendorong para petani untuk berinovasi dalam usaha pertanian mereka.

“Selain mendapatkan akses bantuan pupuk bersubsidi, petani juga dapat mengakses bantuan bibit unggul bersertifikat, permodalan, asuransi keselamatan kerja, pembelian hasil pertanian, pelatihan dan pengembangan usaha tani, serta beasiswa bagi keluarga petani,” jelasnya.

Salah seorang anggota Kelompok Tani Girilaya, Aceng Anwar mengatakan dirinya bersyukur atas bantuan yang diterima melalui Kartu Tani Sibedas. Ia mengharap dengan hadirnya kartu tani ini petani di Kabupaten Bandung bisa semakin maju dan berkembang.

“Di kelompok tani kami dengan adanya kartu tani Sibedas ini jadi makin mudah untuk mendapat pupuk. Semoga saja program ini terus bisa berlanjut dan memberi manfaat bagi kelompok tani yang ada di Kabupaten Bandung,” kata Anwar.

Kepala Desa Ciheulang, Rubby Nur Habibi, menyatakan bahwa hampir semua kelompok tani di desanya menerima Kartu Tani Sibedas, yang sangat bermanfaat terutama dalam pemupukan tanaman padi dan sayur-mayur.

“Terima kasih disampaikan kepada Bupati Bandung Dadang Supriatna, yang dianggap telah merealisasikan program ini dan memberikan dukungan kepada petani di Desa Ciheulang,” kata Rubby.

Pihaknya pun berharap agar Program Kartu Tani Sibedas terus dikembangkan dan ditingkatkan untuk memberikan manfaat lebih besar kepada para petani di Kabupaten Bandung. “Harapan kami tentu saja agar bantuan melalui Kartu Tani Sibedas dapat berlanjut, menciptakan kesejahteraan yang berkelanjutan,” pungkasnya. (rup)

 

Loading...

loading...

Feeds