Ini Cara Mudah Cek NPSN Secara Online di Situs Kemdikbud

POJOKBANDUNG.com, Bagi kalian yang sedang bingung bagaimana mengecek Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN dengan akurat secara online, berikut tata caranya.


Simak berikut ulasan seputar cara cek Nomor Pokok Sekolah Nasional atau NPSN dengan akurat secara online berdasarkan nama sekolah, melalui website Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknnologi (Kemendikbudristek) dan Data Pendidikan.

NPSN adalah kode unik yang digunakan sebagai identitas atau tanda pengenal satuan pendidikan yang telah ditetapkan Pusat Data Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

NPSN terdiri dari 8 digit kode angka acak yang berbeda antara sekolah satu dengan sekolah lainnya yang digunakan, salah satunya sebagai syarat daftar ke Perguruan Tinggi, baik SNMPTN dan SBMPTN, sebagaimana dikutip dari laman Kemdikbud.

Bagaimana cara cek NPSN? Berikut ulasannya:

Cara Mencari NPSN Berdasarkan Nama Sekolah

Untuk cek NPSN secara online berdasarkan nama sekolah bisa dilakukan melalui website resmi Kemendikbud atau Data Pendidikan. Ini langkah-langkahnya:

Cek NPSN via Data Referensi Kemdikbud

  1. Buka browser melalui PC atau HP
  2. Kunjungi website resmi Referensi Data Kemdikbud
  3. Klik Cari Sekolah/NPSN pada kolom yang terletak di pojok kanan atas
  4. Lalu ketik nama sekolah/NPSN
  5. Setelah menuliskan nama sekolah, lalu enter
  6. Selanjutnya akan muncul data dari sekolah beserta nomor NPSN yang Anda cari.

Cara Cek NPSN melalui Data Pendidikan

Cek NPSN dengan cara ini menyediakan seluruh data sekolah di Indonesia. Gunakan penelusuran nama Kota / Kabupaten pada kolom pencarian yang tersedia.

  1. Buka browser melalui perangkat PC atau HP
  2. Kunjungi website resmi Data Pendidikan
  3. Anda bisa pilih daftar sekolah yang ada pada sub menu bagian atas, misalnya SMA-ku
  4. Setelah memilih daftar sekolah, kemudian input data lokasi Kota/Kabupaten, lalu tekan enter. Nantinya akan muncul nama sekolah.
  5. Selanjutnya Anda bisa search berdasarkan nama sekolah di kolom sebelah kanan “Search” tuliskan nama sekolah yang ingin diketahui NPSN nya.
  6. Secara otomatis data akan difilter menuju nama sekolah yang Anda cari.
  7. Anda bisa menemukan data NPSN di kolom sebelah kiri.

Itulah ulasan seputar cara untuk cek NPSN berdasarkan nama sekolah secara online melalui website Kemendikbudristek dan Data Pendidikan.

 

Loading...

loading...

Feeds