Berikut Data Rekapitulasi Pembayaran Proyek KCIC

kereta cepat

kereta cepat

POJOKBANDUNG.COM- Terkatung-katung selama tiga tahun, menunggu pelunasan pembayaran proyek Kereta Cepat Indonesia China, 12 sub kontraktor bangkrut.

Berikut data rekapitulasi pembayaran proyek KCIC.

Jumlah Sub kontraktor : 12

Jumlah Sub konsultan: 2

Jumlah Pekerjaan Tercatat: 58 item pekerjaan

Sub kontraktor

Nilai Kontrak tercatat: Rp 233 396 979 366

Nilai terbayarkan: Rp 162 278 098 609

Nilai belum terbayarkan: Rp 62 122 518 731

Sub konsultan

Nilai Kontrak tercatat: Rp 1011507287

Nilai terbayarkan: Rp 53451420

Nilai belum terbayarkan: Rp 958055866

Data Fakta

Beberapa Polemik KCJB

-Anggaran membengkak

Mula anggaran proyek ini sebesar Rp 85 triliun, kemudian membengkak menjadi Rp 113 triliun. Angka yang membengkak pernah di kritik Anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), A. Bakri H. M, yang menganggap tidak ada jaminan.

-Balik modal 40 tahun

Direktur Utama KCIC yaitu Dwiyana Slamet Riyadi mengusulkan biaya tiket antara Rp150 ribu hingga Rp350 ribu. Jika diperhitungkan jumlah penumpang per hari, nilai investasi, dan harga tiket, proyek itu diperkirakan akan balik modal selama 40 tahun.

-Nasib kereta cepat setelah pindah ibu kota

Proyek kereta cepat membutuhkan modal yang luar biasa besar. Dengan perpindahan IKN, ini akan mengurangi kesibukan transportasi sehingga dianggap tak efektif.

-Kesulitan membangun terowongan

Direktur Utama KCIC yaitu Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, kesulitan proyek itu membangun terowongan yang akan dilewati kereta. Itu tersebab kondisi geologis yang melewati area tanah liat. Menurut Dwiyana, ada 13 terowongan yang akan dibangun untuk proyek kereta cepat. Ada dua yang membutuhkan penanganan khusus. Pengerjaan proyek ini sudah mencapai 79 persen.

-KCIC diduga Berhutang 3,2 Miliar Kepada Subkontraktor

Direktur utama PT Pusaka Jaya Perkasa, Irvan wahyudi mengatakan, sebagai salah satu subkontraktor pengerjaan proyek di kawasan Cigondewah, Cilember, serta Purwakarta. Merasa masih ada pembayaran proyek yang belum tuntas senilai 3,2 Milliar.

– Kereta Anjlok menewaskan dua orang

Kereta teknis proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dikabarkan anjlok keluar jalur di area Cipada – Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (18/12/2022). Kecelakaan tersebut menyebabkan empat tenaga kerja terluka. (Kus)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …