Pemdes Cinangela Kec. Pacet Mengklaim Dana Desa Tersalurkan Maksimal

Pemberdayaan masyarakat saat pelaksanaan program padat kerja tunai di wilayah Desa Cinanggela.

Pemberdayaan masyarakat saat pelaksanaan program padat kerja tunai di wilayah Desa Cinanggela.

POJOKBANDUNG.com, PACET – Kesejahteraan dan kesehatan masyarakat desa menjadi tanggungjawab pemerintah sebagai pemegang anggaran dalam menyalurkan bantuan. Seperti program yang dijalankan pemerintah Desa Cinangkela Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung telah merealisasikannya termasuk penanganan Covid-19.

Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Cinangela Budi Irawan mengatakan, sebagai lembaga Desa Cinangela, sejauh ini pihaknya beserta Pemdes telah melaksanakan berbagai bentuk kegiatan yang diamanatkan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

“Diantaranya intruksi peraturan Menteri Perdesaaan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) nomor 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa bagi penyaluran BLT dana desa, penanganan covid 19 dan pembenahan insfrastruktur lingkungan pedesaan melalui padat karya tunai desa, semuanya telah dilaksanakan,” tutur Budi.

Dirinya mengaku, telah melaksanakan amanat Permendagri nomor 114 tahun 2014 tentang musyawarah desa. Hasil verifikasi yang dilakukan Musdus dan Musdes, kata dia, alokasi bantuan sosial yang bersumber dari Dana Desa telah tersalurkan sebanyak 97 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Dimana dari dana desa tahap 1 dan 2 tersebut telah dialurkan terhadap 97 KPM dengan skala prioritas bagi keluarga jompo, termasuk misbar serta warga yang mempunyai penyakit menahun.

“Mereka masing masing menerima Rp 600 ribu. Sedangkan untuk tahap 2 saluran 1, 2 dan 3 masing masing Rp 300 ribu rupiah.

Sementara program padat karya tunai untuk pembenahan insfrastruktur di RW 03 dan 06 diantaranya pembenahan jalan protokol serta perbaikan saluran air (drainase). Pembangunan itu melibatkan 48 warga yang mata pencaharian keseharianya terdampak Covid-19.

“Bahkan dalam kesempatan tersebut selalu bersinergis dengan Bhabinsa maupun Bhabinkamtibmas yang selalu pro aktif terlibat dalam kegiatan. Mereka juga telah mengimplementasikan surat edaran Kemendes dari mulai penanggulangan Covid-19 seperti penyemprotan cairan disinfektan, pengadaan handsanitizer hingga program pengadaan masker,” jelas Ketua BPD Desa Cinangela ini.

Sementara Kepala Desa Cinangela Rudiyat Alamsyah menjelaskan, selama ini berbagai bentuk arahan atau intruksi dari pemerintah baik pusat, provinsi maupun pemda Kab Bandung telah dijalankan.

“Kami pemerintahan Desa Cinangela yang sebelumnya bermusyarah lewat Musdus, Musdes selalu mendapatkan persetujuan dari lembaga BPD. Berbagai program desa, dalam pelaksanaanya terasa telah maksimal merealisasikanya sesuai anggaran yang disalurkan pemerintah,” tandasnya.

Bahkan dari monev yang telah dilkukan pihak DPMD Kab Bandung yang telah dilaksanakan belum lama ini.

“Dari mulai laporan pengadministrasian maupun bentuk implementasi kegiatan dilapangan sudah terlaksanakan sesuai aturan dan tak ada masalah. Tinggal menunggu anggaran tahap berikutnya yang tersisa 20% lagi ,” pungkas Rudiyat Alamsyah .

(den)

loading...

Feeds

BPJAMSOSTEK Tasikmalaya Gelar Employee Volunteering

POJOKBANDUNG.com, TASIKMALAYA – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Tasikmalaya melaksanakan kegiatan Employee Volunteering bersih-bersih sampah Bersama Bank Sampah Belebet dalam rangka World …