Jokowi Resmikan Dua Rumah Sakit di Nusantara, Jadi Kebutuhan ASN Saat Pindah ke IKN

POJOKBANDUNG.COM, NUSANTARA – Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur kini memiliki rumah sakit.

Jumat (11/10/2024) Presiden Joko Widodo meresmikan pengoperasian Rumah Sakit (RS) Hermina Nusantara di IKN.

Jokowi Resmikan Dua Rumah Sakit di Nusantara, Jadi Kebutuhan ASN saat Pindah ke IKN


Presiden Joko Widodo meresmikan Istana Garuda di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, Jumat (11/10/2024) FEDRIK TARIGAN/JAWAPOS. Sementara itu foto atas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit (RS) Hermina di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, hari ini, Jumat (11/10/2024). Foto: Youtube setpres

Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi kecepatan pembangunan rumah sakit tersebut sehingga saat ini rumah sakit sudah beroperasi dan menerima pasien.

Baca Juga :Pimpin Sidang Kabinet Paripurna Terakhir di IKN, Jokowi Menjamin Transisi Pemerintahan Lancar, Pertumbuhan Ekonomi Kisaran 5 Persen di Dua Periode

’’Kecepatan pembangunan Rumah Sakit Hermina Nusantara yang praktis dibangun hanya dalam waktu kurang lebih 10 bulan. Sekarang bisa operasional, menerima pasien juga sudah siap karena di dalam tadi sudah ada tiga pasien yang dirawat,’’ ujar presiden.

Jokowi juga mengungkapkan kekagumannya terhadap desain dan interior RS yang dinilai berbeda dari rumah sakit pada umumnya.

Baca Juga : Kemen PUPR Dapat Tambahan Rp 40 Triliun, Salah Satunya untuk Kelanjutan IKN

Jokowi menyebut bahwa desain RS Hermina Nusantara menyerupai hotel berkelas.

’’Tadi saya di dalam melihat Rumah Sakit Hermina ini memiliki desain dan interior yang berbeda dari rumah sakit-rumah sakit yang pernah saya lihat, seperti hotel bintang lima,’’ ungkapnya.

RS tersebut menjadi salah satu fasilitas penting yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan para aparatur sipil negara (ASN) yang segera dipindahkan ke IKN. Jokowi menekankan bahwa hadirnya fasilitas itu akan memberikan rasa percaya diri dan kenyamanan bagi para ASN terkait akses kesehatan.

’’Begitu kami geser dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara, fasilitas-fasilitas yang biasanya ditanyakan mereka adalah ’Pak, kalau anak-anak kami sakit, ada rumah sakitnya?’. Saya sekarang bisa jawab ada, yaitu Rumah Sakit Hermina Nusantara,’’ jelasnya.

Fasilitas kesehatan selanjutnya yang diresmikan adalah Mayapada Hospital Nusantara. Jokowi memastikan pelayanan Mayapada Hospital Nusantara diberikan dengan kualitas berstandar internasional karena telah bekerja sama dengan Apollo Hospitals dari India.

 Baca Juga : Jadwal Pemindahan ASN ke IKN, Dua Menteri Malah Beda Pendapat, Berikut Pernyataannya

Istana Negara Dulu, Istana Garuda Menyusul

Jokowi kemarin juga meresmikan Istana Negara IKN. Prosesnya diawali dengan penyerahan simbolis sertifikat hak pakai tanah dari Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) kepada Mensesneg Pratikno.

Sementara itu, Istana Garuda belum diresmikan. Menurut Jokowi, saat ini bangunan Istana Garuda masih dalam proses finishing. Diperkirakan, proses itu rampung sebulan ke depan.

’’Maka, hari ini saya akan meresmikan Istana Negara terlebih dahulu dan nanti Istana Garuda akan diresmikan Presiden Prabowo Subianto,” tuturnya. (mia/c19/bay/jawa pos)

 

loading...

Feeds

Klaim JHT Gratis Hindari Calo

POJOKBANDUNG.COM, CIMAHI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK mengingatkan kepada peserta agar mewaspadai calo atau jasa pencairan terutama …