Ini Syarat dan Cara Daftar CPNS 2024, Buka Banyak Formasi untuk Fresh Graduate

ILUSTRASI

ILUSTRASI

POJOKBANDUNG.com, – Akhirnya kabar yang paling ditunggu lulusan sekolah atau para pencari kerja di Indonesia tiba. Pemerintah resmi mengumumkan rencana dibukanya pendaftaran penerimaan CPNS 2024 dengan total 690 ribu formasi.

Seperti diketahui bahwa terdapat alokasi cukup besar bagi fresh graduate untuk mengikuti seleksi.

Berdasarkan informasi yang dibagikan lewat laman resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), pembukaan CASN disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bagi sewaktunian yang berminat untuk mendaftar CPNS 2024, dianjurkan untuk mengetahui berbagai informasi mengenai tahapan seleksinya.

Peluang CPNS 2024 untuk Fresh Graduate

Formasi CPNS 2024 kali ini disebut akan membuka banyak kesempatan bagi para anak muda lulusan baru universitas guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi disrupsi teknologi yang semakin pesat.

“ASN kini disiapkan untuk menghadapi disrupsi teknologi yang semakin pesat. Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu. Penguatan SDM yang terampil ini juga untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, penguatan Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP), serta mengakselerasi ekonomi lokal dan nasional,” ungkap Presiden Jokowi melalui laman resmi KemenPAN-RB.

Abdullah Azwar Anas selaku menteri PAN-RB juga menyoroti terbukanya kesempatan bagi lulusan baru atau fresh graduate untuk mendaftarkan di tahun ini.

Dikutip dari sumber yang sama, Anas mengungkapkan, “Talenta-talenta inilah yang menjadi fondasi utama dan pilar terpenting dalam mewujudkan SDM unggul untuk menyambut Indonesia Emas 2045”.

Total Formasi CPNS 2024

Masih merujuk dari sumber sebelumnya, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas memberikan rincian terkait formasi kebutuhan pada CPNS 2024, yaitu instansi pusat mendapat formasi kebutuhan 429.183 yang terdiri atas 207.247 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 221.936 bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Sementara itu, instansi daerah mendapatkan kuota sebesar 1.867.333 yang terdiri atas 483.575 CPNS dan 1.383.758 PPPK. Formasi PPPK di instansi daerah dialokasikan untuk guru sebanyak 419.146, tenaga kesehatan sebesar 417.196, serta 547.416 formasi untuk tenaga teknis. Selain itu, terdapat alokasi untuk sekolah kedinasan yaitu sebanyak 6.027 formasi.

Diketahui bahwa formasi instansi daerah lebih besar daripada di instansi pusat karena komposisi ASN memang lebih banyak di daerah. Dijelaskan juga bahwa seleksi ASN di tahun 2024 ini lebih memfokuskan pada untuk formasi guru, dosen, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis.

Syarat Dokumen Pendaftaran CPNS

Lantas bagaimana syarat pendaftaran CPNS 2024? Agar pelamar dapat mengikuti seleksi CPNS 2024, maka perlu menyiapkan berbagai dokumen yang diperlukan. Merujuk dari pelaksanaan seleksi CPNS di tahun kemarin, pelamar diminta untuk mengunggah beberapa dokumen, sebagai berikut:

  1. Kartu Keluarga
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil
  3. Ijazah

4 Transkrip Nilai

  1. Pas foto
  2. Swafoto/selfie
  3. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan jenis seleksi dan instansi yang akan dilamar

Cara Melakukan Pendaftaran CPNS

Setelah mengetahui dokumen apa saja yang harus dipersiapkan untuk mendaftar CPNS, pelamar juga wajib memahami langkah-langkah pendaftarannya. Adapun tata cara pendaftaran CPNS adalah sebagai berikut:

  1. Akses Portal SSCASN

– Alamat url web https://sscasn.bkn.go.id

  1. Buat Akun di Menu Registrasi

– Buat akun di https://daftar-sscasn.bkn.go.id dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

  1. Log In

Menggunakan NIK sebagai username dan password yang telah didaftarkan saat membuat akun di SSCASN.

  1. Lengkapi Biodata

– Melengkapi data diri

– Pilih jenis seleksi, formasi instansi, dan jabatan sesuai pendidikan

– Melengkapi data pendidikan

  1. Unggah Dokumen Persyaratan

– Memeriksa semua hasil inputan kelengkapan biodata dan unggahan dokumen

– Cetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran

  1. Proses Verifikasi

– Verifikator informasi melakukan verifikasi dokumen pelamar.

  1. Cetak Kartu Ujian

– Jika pelamar dinyatakan lulus seleksi administrasi, pelamar login akun SSCASN kemudian cetak kartu ujian.

  1. Pengumuman Kelulusan

– Panitia Seleksi Instansi mengumumkan informasi kelulusan pelamar.

  1. Pemberkasan dan Penetapan NIP

– Pada tahap ini akan dilakukan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi para CPNS.

Demikian tadi informasi mengenai kuota formasi CPNS 2024 yang dibuka untuk fresh graduate. Semoga bermanfaat

loading...

Feeds