Polres Cimahi Terapkan Rekayasa Jalur pada Libur Panjang

Lalulintas di Jalan Amir Machmud Cimahi menuju Padalarang nampak lengang.(Gatot Pudji)

Lalulintas di Jalan Amir Machmud Cimahi menuju Padalarang nampak lengang.(Gatot Pudji)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Satlantas Polres Cimahi memprediksi 390 ribu kendaraan roda dua maupun roda empat akan melintasi Cimahi menjelang perayaan Natal hingga memasuki awal Tahun Baru 2019.

Angka tersebut berdasarkan pada banyaknya kendaraan yang melintasi Kota Cimahi setahun sebelumnya, yang mencapai 387 ribu kendaraan.

Untuk memantau kelancaran arus lalulintas selama Natal dan Tahun Baru kali ini, pihak kepolisian mendirikan pos Operasi Lilin Lodaya di Alun-alun Kota Cimahi dan di Jalan Raya Cibeureum.

“Kita mendirikan posko Ops Lodaya di titik sentral di Kota Cimahi, ada dua titik, di Alun-alun dan Jalan Kebon Kopi. Ada juga di Jalan Raya Padalarang dan di Jalan Raya Lembang,” ungkap Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto, di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Machmud, Jumat (21/12).

Pihaknya juga telah menerapkan pembatasan kendaraan bertonase besar agar tidak melintas jalur arteri Kota Cimahi dan tidak melewati Jalan Kolonel Masturi, yang jadi alternatif menuju kawasan wisata Lembang.

“Penerapan pembatasan kendaraan sudah dilakukan, untuk mengurangi potensi kemacetan di Cimahi dan potensi kecelakaan selama Ops Lilin Lodaya,” bebernya.

Lantaran bertepatan dengan libur sekolah hingga Januari 2019 nanti, pihaknya menyiagakan personel kepolisian di sejumlah tempat wisata.

“Lonjakan kendaraan wisatawan ke Lembang diprediksi setelah Natal nanti, karena anak sekolah sedang libur. Kita juga akan terapkan rekayasa lalulintas, tapi situasional. Penerapannya paling di Jalan Raya Lembang dan titik macet di kawasan wisatanya,” tuturnya.

Sementara Dinas Perhubungan Kota Cimahi akan menerjunkan 60 personel untuk mengurai kemacetan dan kelancaran arus lalulintas, petugas akan disebar ke sejumlah simpul kemacetan. Sebagian lain, melakukan pengawasan di posko bersama di Alun-alun.

“Petugas akan standby pada malam Natal dan malam Tahun Baru. Karena prediksi kemacetan akan terjadi pada saat itu,” ungkap Kepala Bidang Lalulintas Dinas Perhubungan, Endang

(dan)

 

loading...

Feeds

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

Penggiat Event Curhat ke Kang Arfi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Konser band kawakan Sheila On 7 sempat direncanakan berlokasi di Kota Bandung pindah ke Kabupaten Bandung. Hal itu menjadi …