Kemarau 2024 Berdampak, BPBD Subang Gerak Cepat Salurkan Air Bersih ke Sejumlah Desa


Petugas BPBD Subang saat salurkan air bersih di Desa Patimban Subang, Senin 9 September 2024. Foto: M.Anwar/Pojokbandung.com

Petugas BPBD Subang saat salurkan air bersih di Desa Patimban Subang, Senin 9 September 2024. Foto: M.Anwar/Pojokbandung.com

POJOKBANDUNG.COM, SUBANG- Musim kemarau sudah berdampak ke ratusan kepala keluarga di beberapa desa di Subang.

Untuk mencukupi kebutuhan warga Subang, ribuan liter air bersih disalurkan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Subang Enda, mengatakan, krisis air bersih dialami ratusan kepala keluarga di Desa Patimban Kecamatan Pusakanagara sejak sepekan terakhir.

Baca Juga : Pasca Kebakaran di Tangkuban Parahu, BPBD KBB Tutup Sementara Jalur Pendakian di Sukawana Parongpong

Pihaknya menerima laporan terkait dampak kekeringan tersebut. Sekaligus permintaan distribusi air bersih.

“Sementara hanya satu wilayah, yakni Desa Sarireja Kecamatan Jalancagak, Laporannya warga langsung kita tindaklanjuti, kita mendistribusikan air bersih melalui mobil tangki, kerjasama dengan PDAM Subang dibantu juga anggota TNI-Polri. Rata rata tiga tangki, kalau jaraknya jauh, paling kita dua jalan bolak balik, ” ujar Enda, Senin 9 September 2024.

Selain penyaluran air bersih, kata Enda, BPBD tengah menyiapkan sejumlah antisipasi.

Baca Juga : Kopi Wanoja, Mitra UMKM Binaan Bank Bjb Kini Serbu Pasar Eropa

Seperti pengeboran air di 10 lokasi, pompanisasi untuk mengairi lahan lahan pertanian, dan penyaluran dana bantuan sosial.

Sepuluh lokasi tersebar 3 titik di Ciater dan Jalancagak, 3 titik di Kalijati dan Subang, serta 4 titik di Pamanukan, Pusakanagara, Ciasem dan Legonkulon.

“Program tersebut menggunakan anggaran dari BNPB. Program ini rencananya bakal dimulai pada pekan depan, ” ungkap Enda. (anr)

loading...

Feeds