Skuad Persib Bandung Tahu Persis Apa yang Harus Dilakukan Saat Hadapi PSM Makassar

POJOKBANDUNG.COM, BANDUNG –  Fokus Persib Bandung tertuju menghadapi PSM Makassar pada laga pekan keempat Liga 1 2024-2025.

Skuad Persib Bandung Tahu Persis Apa yang Harus Dilakukan Saat Hadapi PSM Makassar

Pelatih Persib Bandung, Bojan Hodak saat memerhatikan anak-anak asuhnya melakukan pemanasan jelang laga beberapa waktu lalu.Foto: Dok Persib. Sementara itu, foto atas, Penyerang Persib Bandung Dimas Drajat melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Arema FC saat Liga 1 Indonesia di Stadion Si Jalak Harupat, Sorang, Kabupaten Bandung,Minggu 25 Agustus 2024. FOTO : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/POJOK BANDUNG

Jadwal Persib Bandung vs PSM Makassar akan digelar pada Rabu 11 September 2024 di Stadion Batakan, Balikpapan, dengan kickoff direncanakan pukul 15.30 WIB.

Gelandang Persib Bandung asal Spanyol, Tyronne del Pino, menilai tim menyiapkan laga melawan PSM dengan banyak pembenahan seusai hasil dua imbang beruntun.

Baca Juga : Pura-pura Jadi Pemulung, Pria di Kabupaten Bandung Barat Diringkus Polisi Usai Bobol Rumah Kosong

Staf pelatih bekerja dengan programnya, membenahi aspek taktik, fisik dan stamina, serta koordinasi meningkatkan chemistry antar-pemain.

“Masa jeda ini (kompetisi) lebih pada bagaimana menyiapkan kaki-kaki kami, kami melalui hari-hari yang berat berlatih bersama Miro Petric (pelatih fisik). Kami berlatih fisik, meningkatkan stamina, saya rasa kami banyak mengalami peningkatan untuk menghadapi PSM nanti,” ucap Tyronne.

PSM adalah satu dari dua tim yang berhasil menyapu bersih tiga laga pembuka Liga 1 2024-2025 dengan kemenangan.

Baca Juga : Presiden Jokowi Teken Surat Mundur Mensos Tri Rismaharini, Sekretaris Kabinet Pramono Anung Menyusul

PSM dan Borneo FC Samarinda saat ini berada di puncak klasemen dengan nilai sembilan.

Tyronne tahu bagaimana, apa yang harus ia lakukan memberi kekalahan pertama untuk Juku Eja.

“Makassar adalah tim yang kuat, tetapi kami melakukan persiapan di masa jeda ini dan seperti yang saya sudah katakan, saya melihat tim begitu fokus pada pertandingan ini. Ini adalah hal penting. Kami memiliki waktu sekitar 10 hari untuk pertandingan ini dan kami terus melanjutkan latihan, tetap fokus, berlatih keras, bersama-sama membangun chemistry, stamina,” katanya.

Baca Juga : Jeje dan Asep Makin Dekat dengan Warga Kabupaten Bandung Barat

Baginya tak ada cara lain untuk menang selain bekerja keras setiap hari di latihan.

Tyronne akan tetap rendah hati dan antusias menghadapi laga demi laga ke depan demi hasil positif.

“Karena tidak ada cara lain untuk memenangi pertandingan dan bisa meraih sukses. Hanya bekerja keras, tetap rendah hati dan antusias melihat ke depan,” terangnya.

Tyronne adalah sosok pemain yang mendapatkan kesempatan kedua di Persib.

Tahun lalu ia gagal memberi kontribusi karena cedera achilles yang didapat di laga debut pembuka kompetisi.

Cedera panjang membuatnya menepi dan tersingkir dari skuad Maung Bandung.

Saat Tyronne sembuh, pelatih Bojan Hodak tak memilihnya masuk ke skuad, lalu dipinjamkannya dia ke klub Ratchaburi FC di Liga Thailand.

Siapa sangka performa Tyronne di sana mengembalikan peak performa terbaiknya hingga Hodak yakin dia bisa membantu skuadnya musim ini mempertahankan gelar juara.

Pelatih Persib Bandung Bojan Hodak puji mentalitas mantan timnya PSM Makassar yang mampu menyapu bersih tiga laga pembuka Liga 1 2024-2025.

PSM mampu meraup poin sempurna sembilan poin meski mereka bermain jauh dari kandangnya di Makassar.

Ya untuk sementara waktu Juku Eja harus bermarkas di Stadion Batakan, atas pertimbangan banyak hal mereka tak bisa bermarkas di Stadion Stadion BJ Habibie, Parepare Sulawesi Selatan.

“Tidak banyak fans (datang ke Batakan) tapi bisa dilihat mereka selalu bermain layaknya seperti sedang berada di kandang. Sedangkan bagi kami, kita lihat nanti. Stadionnya terlihat bagus, lapangannya juga di laga terakhir terlihat bagus. Kita lihat nanti bagaimana kondisi lapangannya untuk pertandingan ini,” katanya.

Hal yang akan menjadi tantangan besar bagi kedua klub pada laga nanti adalah faktor cuaca lembab di Balikpapan.  Persib harus bisa fokus selama 90 menit untuk menjaga rekor tak terkalahkan tetap terjaga.

“Mereka akan tetap menjadi lawan yang berat, PSM juga merupakan tim yang bagus di kandang. Masalah bagi kedua tim adalah cuaca karena cuaca di Balikpapan sangat panas dan lembab. Jadi ini menjadi masalah, semua tim akan bermasalah dengan ini, tapi kami harus tetap fokus. Jika kami ingin menang maka kami harus pergi dengan menghadapi segalanya,” ujar pelatih 53 tahun ini.

Bojan  memastikan anak-anak asuhnya akan tampil fight berusaha memberikan kekalahan untuk PSM di partai nanti.

Persib juga sejauh ini belum kalah meski tertinggal empat poin di belakang PSM sebagai pemuncak klasemen.

Pada pertemuan terakhir di turnamen pramusim Piala Presiden 2024, Persib menaklukkan PSM dengan skor 2-0 lewat gol Ciro Alves dan bunuh diri.

“Kami juga belum kalah di liga, dan kami mengalahkan mereka saat Piala Presiden,” ucapnya.

Bojan  punya statistik bagus jika menghadapi PSM, pada musim lalu misalnya, tim asuhannya ditahan imbang PSM 0-0.

Jauh sebelum itu pada ajang AFC Cup 2021, tim Kuala Lumpur City FC asuhan Bojan Hodak menahan seri PSM 0-0 dan mengalahkannya dengan skor 5-2 di Stadion Kuala Lumpur Football.

“Ini akan berat tapi saya belum pernah kalah dari PSM dan saya harap bisa melanjutkan itu,” harap pelatih asal Kroasia itu. (pra)

 

 

loading...

Feeds