Modern Market Lembang Pusat Sayur Buah dan Pangan Resmi Dibuka, Ini Harapan Pj. Bupati KBB Ade Zakir

POJOKBANDUNG.COM, KAB. BANDUNG BARAT – Modern Market Lembang Pusat Sayur Buah dan Pangan di Jalan Raya Lembang Nomor 147, Simpang Beatrix Lembang, Kabupaten Bandung Barat resmi dibuka, Senin 2 September 2024.

Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat Ade Zakir Hasyim mengatakan, Pemkab Bandung Barat mendukung penuh pengoperasian Modern Market Lembang tersebut.

“Tujuannya walaupun dibangun oleh swasta ya bisa mensejahterakan masyarakat. Ada dua hal yang bisa kita lihat. Satu petani kecil bisa menjual langsung dan masyarakat bisa membeli lebih murah. Itu nilai positif di Modern Market Lembang ini,” katanya.

Baca Juga :HUT Polwan ke-76, Polres Subang Gelar Syukuran dan Santunani Warga

Ia menambahkan, keberadaan pasar moderen tersebut untuk menampung pedagang sayur serta buah dan pasokan barang dari petani asli Lembang dan sekitarnya.

“Jadi modern market Lembang ini ritel sayuran dan buah-buahan. Lokasi ini pindahan dari lokasi sebelumnya di dekat Pasar Panorama. Latar belakangnya memang dari renovasi Pasar Panorama Lembang ya, dulu itu ada yang tidak tertampung itu dikumpulkan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, keberadaan wadah untuk menampung hasil pertanian masyarakat tersebut juga dapat menarik minat generasi muda berkecimpung di sektor pertanian.

Baca Juga :Berikut Antisipasi Pemkab Bandung Barat Hadapi Bencana di Musim Kemarau

“Mungkin untuk pertanian yang bisa mengumpulkan hasil pertanian satu ton lebih itu gampang menjual. Kemudian kalau petani kiloan yang jual hanya 20-50 kilogram barangkali nanti bisa ditampung disini. Jadi tempat penjualan nya ada dan bisa memangkas rantai penjualan,” ujar Ade.

Ia berharap, pasar ini juga bisa memangkas mata rantai distribusi sehingga terjadi transaksi dengan harga yang jauh lebih terjangkau tanpa ada campur tangan tengkulak dan bandar lainnya.

“Pasar ini bukan hanya sebagai pusat jual beli tapi juga dorongan pertanian. Seperti di pasar tagog Padalarang itu sayurannya di Caringin. Kalau disini tadi saya keliling memang hasilnya dari para petani di sekitar Parongpong, Lembang dan Cisarua. Jadi mudah-mudahan selamanya bisa mengakomodir petani lokal yang kecil,” tandasnya.

Sementara itu Owner Modern Market Lembang Pusat Sayur Buah & Pangan Totoh Gunawan mengungkapkan di ritel ini bisa menampung sebanyak 400 pedagang.

Baca Juga : Sambut Paus Fransiskus, Polri-TNI Apel Pengamanan, Ikut Misa Akbar di GBK Wajib Terdaftar Undangan

Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen untuk mengakomodir hasil dari para petani dengan skala kecil.

“Pusat sayur ini didirikan berawal dari dari kepedulian kita yang mana petani ada dua kategori yang besar dan kecil. Jadi sekarang panennya gak kaya dulu 1 sampai dua ton apalagi 10 ton itu sudah gak ada. Hanya 10-20 kg jadi mereka repot memasarkan,” katanya.

Ia menambahkan, kualitas yang ada di pasar modern ini sama dengan yang ada di swalayan besar di perkotaan.

Karena memang produk yang ada di sini juga sebagiannya di tarik oleh supermarket.

“Kalau segi kualitas inu semakin bagus. Tidak akan kalah karena dari petani langsung dijual. Kalau daerah lain kan ada penampungan dulu di gudang naik ke truk kena matahari perjalanan pasti kualitasnya tidak fresh. Jadi kualitasnya tidak kalah dengan di supermarket,” pungkasnya. (KRO)

loading...

Feeds