Paritrana Award 2023, Apresiasi bagi Pemda dan Perusahaan Taat Perlindungan BPJS Ketenagakerjaan

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin dan Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jabar, Romie Erfianto menyerahkan penghargaan kepada salah satu pemenang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) 2023.

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin dan Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jabar, Romie Erfianto menyerahkan penghargaan kepada salah satu pemenang Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) 2023.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sejumlah instansi pemerintah daerah dan perusahaan swasta di Provinsi Jawa Barat mendapat Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Paritrana Award) 2023 sebagai apresiasi karena telah mengimplementasikan program perlindungan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) dengan baik di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (24/8/2024).

Pemberian Paritrana Award merupakan apresiasi untuk mendorong terwujudnya cakupan keseluruhan (universal coverage) perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Indikatornya antara lain tingginya kepedulian dan partisipasi aktif pemerintah daerah atau perusahaan dalam mendorong perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Jabar, Romie Erfianto menyebut, 5,9 juta tenaga kerja di Jabar yang sudah terlindungi program Jamsostek berasal dari sektor formal sebanyak 5 juta orang dan sektor informal 923.000 orang.

Untuk mengoptimalkan pelaksanaan program Jamsostek, pihaknya akan fokus pada strategi perluasan kepesertaan di perdesaan, pasar, UKM, e-commerce, dan pekerja rentan.

“Untuk optimalisasi program pelaksanaan Jamsostek BPJS Jabar fokus pada strategi perluasan kepesertaan pada ekosistem desa, ekosistem pasar, UKM, e-commerce serta pekerja rentan,” ujar Romie.

Selain itu ia berharap, Paritrana Award menjadi pemicu bagi pemerintah daerah dan pelaku usaha untuk melahirkan inovasi baru dalam upaya melindungi tenaga kerja.

“Pemerintah daerah dan pelaku usaha harus berlomba-lomba melahirkan inovasi baru untuk melindungi pekerja,” kata Romie.

Romie Erfianto menambahkan Paritrana Award sebagai upaya mewujudkan universal coverage perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk menuju keadilan dan kesejahteraan sosial yang tujuannya untuk meningkatkan awareness (kesadaran) dan peran aktif pemerintahan provinsi, pemerintah kabupaten/kota dan pelaku usaha dalam meningkatkan perlindungan dan meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Terima kasih kepada Pj. Gubernur Jabar dan semua pemerintah kabuaten/ kota serta sektor usaha
terkait dukungan terhadap pelaksanaan program BPJS Ketenagakerjaan di Jabar. Semoga sinergitas ini bisa terus terjalin dan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin yang hadir di acara tersebut mengungkapkan, Paritrana Award merupakan bukti nyata dari komitmen pemerintah dan pelaku usaha dalam memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan pekerjanya.

“Penghargaan ini adalah bukti nyata dalam memperhatikan keselamatan dan kesejahteraan pekerja,” ucap Bey.

loading...

Feeds