Indonesia Dapat Gelar Tertinggi dari Palestina, Diserahkan Langsung oleh Utusan Presiden Palestina

POJOKBANDUNG.COM, JAKARTA – Kedekatan Palestina dengan Indonesia sudah teruji.

Indonesia Dapat Gelar Tertinggi dari Palestina, Diserahkan Langsung oleh Utusan Presiden Palestina

Presiden Joko Widodo Terima Penghargaan Tertinggi dari Palestina yang diserahkan oleh Utusan Khusus Presiden Palestina Riyad Al Maliki di Istana Merdeka, Senin 19 Agustus 2024. Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden

Senin 19 Agustus 2024 Presiden Joko Widodo menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Palestina, yakni Grand Collar Order of the State of Palestine untuk Indonesia.

Baca Juga :DAHANA Terima Kunjungan Danlanud Suryadarma

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan penghargaan ini diserahkan oleh Utusan Khusus Presiden Palestina Riyad Al Maliki di Istana Merdeka.

Kenapa penghargaan ini diberikan?

Retno menyatakan penghargaan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan atas dukungan konsisten Indonesia terhadap perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan.

Baca Juga :Sambut Hari Jadi Provinsi Jabar ke-79, Bank Bjb Beri Penghargaan kepada Nasabah Setia

“Utusan Khusus menyampaikan penghargaan yang sangat tinggi dari Presiden Mahmoud Abbas kepada Presiden Republik Indonesia atas posisi Indonesia yang konsisten untuk mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ujar Retno dalam keterangan persnya.

Selain memberikan penghargaan, utusan khusus itu menyampaikan ucapan selamat dari Presiden Abbas kepada Jokowi dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

Presiden Mahmoud Abbas mengapresiasi peran penting Indonesia dalam mendukung rakyat Palestina, termasuk advokasi Indonesia untuk gencatan senjata, bantuan kemanusiaan, dan solusi dua negara.

Baca Juga:Nutrilon Royal Memberikan Layanan Berbelanja Terbaik dengan Nutrishop Guna Penuhi Nutrisi Si Kecil

“Bapak Presiden menyampaikan kejelasan mengenai posisi Indonesia yang konsisten untuk terus mendukung perjuangan bangsa Palestina,” ungkapnya. Dukungan itu dalam bentuk  menyuarakan gencatan senjata dan bantuan kemanusiaan yang tanpa terkendala.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara juga menegaskan kembali posisi Indonesia yang akan terus mendukung perjuangan bangsa Palestina.

Baca Juga :

Indonesia juga terus berkomitmen untuk memperjuangkan pengakuan internasional dan keanggotaan penuh Palestina di PBB.

“Indonesia juga akan terus  melakukan pendekatan kepada negara-negara anggota PBB agar mengakui Palestina dan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB,” ucap Retno.

Penyerahan penghargaan ini menegaskan eratnya hubungan diplomatik antara Indonesia dan Palestina.

Saat menyampaikan penghargaan, Riyad menegaskan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk penghormatan atas upaya Presiden Jokowi dalam memperkuat hubungan antara dua negara.

Selain itu mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk kemerdekaan. (lyn/jawa pos)

 

 

loading...

Feeds