BPJS Ketenagakerjaan Menyerahkan Santunan Jaminan Ketenagakerjaan dan Perlindungan bagi 6.000 Petani Tembakau

POJOKBANDUNG.COM, SUMEDANG- Dalam rangka memperingati momen yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yakni Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Lapang Upacara PPS, Sabtu 17 Agustus 2024, dilangsungkan Upacara Bendera Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan HUT RI Ke- 79 Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Sumedang yang dipimpin oleh Pj Bupati Yudia Ramli.

Upacara diikuti oleh seluruh unsur lapisan pemerintah dan masyarakat Sumedang mulai dari Forkopimda, para tokoh pejuang kemerdekaan, pimpinan perangkat daerah, unsur TNI dan Polri, tokoh masyarakat dan agama, sampai kalangan pelajar.

Dalam sambutannya Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli menyebutkan upacara tersebut dalam rangka mengenang dengan penuh rasa hormat dan bangga perjuangan para pahlawan yang telah mengorbankan harta jiwa dan raga.

Baca Juga :Sambut HUT RI ke 79 Bank Bjb Beri Diskon untuk Pengguna DIGI

“Demi kemerdekaan yang kita nikmati hari ini, semangat dan tekad mereka harus terus kita jaga dan kita teruskan kepada generasi mendatang,” kata Yudia Ramli.

Dikatakan Yudia, kemerdekaan merupakan dambaan hidup semua bangsa di dunia karena dengan kemerdekaan, suatu bangsa bebas menentukan yang terbaik bagi bangsanya sendiri.

“Demikian halnya dengan bangsa Indonesia, melalui perjuangan panjang dengan penuh pengorbanan baik harta benda maupun jiwa, para pejuang telah memproklamirkan Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini sejak 79 tahun yang lalu,” tuturnya.

Baca Juga :Bank Bjb dan MNC Finance Kerja Sama Joint Financing

Oleh karena itu, lanjutnya, sudah sepatutnya warga negara Indonesia mensyukurinya dengan cara melaksanakan peran dan fungsinya masing-masing untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara umum.

“Caranya adalah melalui upaya peningkatan pemberdayaan masyarakat secara terus-menerus serta senantiasa melaksanakan tugas dan kewajiban kita sesuai dengan kapasitas masing-masing,” ujarnya.

Yudia mengajak kepada segenap masyarakat Kabupaten Sumedang untuk bersama-sama merevitalisasi makna kemerdekaan secara substantif sehingga lebih bermakna bagi kehidupan masyarakat dan bangsa.

Baca Juga :Dinkes Jawa Barat Tegaskan Kesiapan Hadapi Ancaman Monkeypox

“Mari kita wujudkan masyarakat Kabupaten Sumedang yang Maju Agamis Mandiri adil dan Berkelanjutan (Mandala),” kata Yudia.

Bersamaan dengan perayaan HUT RI tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Sumedang turut hadir dengan menyerahkan secara simbolis bantuan pemerintah kabupaten sumedang terhadap perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi 6000 Petani tembakau dan 300 buruh industri tembakau tahun 2024 yang di serahkan oleh Pj Bupati Sumedang  Drs. H. Yudia Ramli, M.Si. kepada Ketua Apti Kab Sumedang ( asosisasi petani tembakau indonesia ) bapak Otong Supendi, dan Ketua PPTN (Perkumpulan Pengusaha Tembakau Nasional) bapak aji mulyana.

“Tenaga Kerja Petani dan Buruh tembakau ini mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau, yang disiapkan pemerintah sebagai wujud pemerintah dan BPJS Ketenagakerjaan ada untuk melindungi petani dan buruh tembakau” ujar Rita Mariana Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Kacab Sumedang.

RIta juga menyampaikan bahwa “bersama kegiatan ini disampaikan secara simbolis penyerahan santunan klaim jaminan kematian kepada peserta, sebagai bukti nyata manfaat BPJS Ketenagakerjaan yang  bisa dirasakan tenaga kerja dan ahli warisnya apabila tenaga kerja mengalami risiko kerja ataupun kematian”

Adapun penerima klaim Jaminan Kematian tersebut adalah :

– perangkat rt/rw = otong edi riswana

– Guru honor = h abdul kohar

– Direktur smtv = asep anang supriatna

– perangkat desa = eka rudi apriansah

Penyerahan ini jugadi hadiri oleh forkompimda baik itu dari ketua dprd, kejaksaan, tni, polri dan instansi lainnya. (Sol)

 

loading...

Feeds