Hari Pertama Sekolah di Kota Bandung Fokus pada Kenyamanan Siswa

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Suasana ceria terlihat di berbagai sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Bandung pada hari pertama masuk sekolah. Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dimulai serentak dengan tujuan memberikan kesan positif kepada siswa baru.

Di SDN 113 Banjarsari, Jalan Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono, menyempatkan diri hadir untuk menyapa para siswa. Bambang menekankan pentingnya menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan selama MPLS agar siswa baru merasa aman dan siap untuk memulai perjalanan pendidikan mereka.

“Kota Bandung mulai MPLS baik SD maupun SMP secara serentak. Ini menjadi amat sangat penting karena akan memberikan kesan kepada anak-anak didik baru bahwa sekolah bukanlah hal yang mengkhawatirkan,” kata Bambang, Senin (15/7).

Dia menyampaikan MPLS itu agar tak hanya fokus pada kenyamanan siswa, tapi jug soal pentingnya peran guru dalam pembentukan karakter dan nilai-nilai positif bagi generasi mendatang.

“Kami mengharapkan guru mampu mengimplementasikan nilai-nilai dasar Ber-AKHLAK sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), menjaga semangat kerja, dan terus berinovasi dalam metode pengajaran,” jelasnya.

Tak cuma itu ia juga menyoroti pentingnya pencegahan bullying di sekolah. Pembentukan karakter dan nilai-nilai etika harus mendapat porsi lebih dalam pembelajaran di sekolah.

Dia pun menginstruksikan agar setiap sekolah untuk membentuk tim khusus yang dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) guna mengawasi dan menangani kasus bullying.

“Kami berharap semua sekolah di Kota Bandung dapat membangun suasana aman dan nyaman selama pembelajaran, serta tidak ada lagi kasus bullying,” paparnya.

202 Pegawai P3K Dilantik, Diharap Jadi Percepatan Layanan Publik

Di lokasi lain, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Bandung menggelar Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang baru dilantik. Sebanyak 202 PPPK Tenaga Pendidikan di lingkungan Pemkot Bandung, yang akan mengabdi di SD dan SMP, mengikuti kegiatan ini.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkot Bandung, Asep Gufron mengungkapkan bahwa kehadiran PPPK ini akan mempercepat pelaksanaan tugas pemerintah dalam pelayanan publik melalui bidang pendidikan.

“Dampak percepatan teknologi dan informasi, penggunaan gawai, ini dua hal yang perlu kita perhatikan. Jadi, bapak dan ibu sebagai tenaga pendidik harus bisa menghadirkan generasi yang hebat,” kata Asep.

Ia pun berpesan agar para PPPK yang telah dilantik tetap menjaga semangat kerja dan profesionalisme, serta dapat memberikan gagasan dan ide dalam mencerdaskan generasi mendatang. “Hal ini sangat penting mengingat tantangan yang dihadapi guru semakin berat seiring perkembangan zaman,” tandasnya. (rup)

loading...

Feeds

DAHANA Terima Kunjungan Danlanud Suryadarma

POJOKBANDUNG.ID, SUBANG-Komandan Lanud Suryadarma Marsekal Pertama TNI Sapuan berkujung ke Kampus DAHANA, Subang, Senin, 19 Agustus 2024. Lanud Suryadarma Subang …